18 Parpol di Papua Resmi Turut Kontestasi Pileg 2024, KPU: Semua Berkas Lengkap dan Diterima

Selasa, 16 Mei 2023 07:13 WITA

Card image

Anggota KPU Papua Fransiskus Antonius Letsoin saat menyerahkan berita acara penerimaan berkas Bacaleg Perindo Papua, Senin (15/5/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Sebanyak 18 Partai Politik resmi mendaftarkan diri di KPU Papua sekaligus turut dalam pesta demokrasi Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

Penutupan pendaftaran pada pukul 23.59 WIT Minggu (14/5/2023) malam resmi ditutup KPU dan Partai terakhir yang diversifikasi adalah Partai Garuda, dan seluruh berkas 18 partai tersebut lengkap da diterima.

Komisioner KPU Papua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisioner Fransiskus Antonius Letsoin, mengatakan jika tahapan selanjutnya adalah verifikasi Administrasi.

“Lengkap, jadi kesesuaian dan kelengkapannya sudah kita cek dan dinyatakan diterima. Selanjutnya kami akan melakukan verifikasi administrasi mulai dari tanggal 15 Mei – 23 Juni 2023, untuk melakukan pengecekan terhadap keabsahan dokumen yang sudah diterima,” jelasnya.

Dikatakan, pada tahapan tersebut masih bisa dilakukan perbaikan dokumen jika ada yang perlu diperbaiki. Dan ini ada mekanismenya termasuk input ke Silon (Sistem Pencalonan).

"Perbaikan itu akan dilakukan oleh partai politik pada masa perbaikan, yaitu dari tanggal 26 Juni – 9 Juli 2023. Setelah perbaikan itu kami terima. Tentunya mekanismenya mereka akan menguploadd kembali ke dalam silon," katanya.

Lanjutnya pada saat diterima KPU akan kembali melakukan verifikasi administrasi perbaikan. Verifikasi ini jika nantinya selesai. Maka tahapan selanjutnya adalah masa penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS), yang pada akhirnya DCT di bulan November 2023.

"Jadi proses ini  cukup panjang sampai bulan November dan diharapkan partai politik yang sudah dinyatakan diterima ini, secara khusus LO – LO nya bisa melakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih intens. Lebih aktif lagi dengan kami. Sehingga dengan demikian kami yakin bahwa proses verifikasi administrasi sampai menuju DCS dan DCT bisa berjalan dengan baik dan pada akhirnya semua bisa dinyatakan komplit dan siap melakukan kampanye menuju ke hari-H tanggal 14 Februari 2024,” bebernya.

Saat ini KPU Papua belum bisa memastikan parpol apa saja yang perlu perbaikan, dikarenakan akan bisa diketahui paskah verifikasi administrasi dari tanggal 15 Mei – 23 Juni di tahun ini.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya