Atal Depari Terjungkal, Hendri Bangun Terpilih Ketua Umum PWI 2023-2028

Rabu, 27 September 2023 09:50 WITA

Card image

Ketua Umum PWI Pusat Terpilih periode 2023-2028, Hendri CH Bangun. (Foto: Dok.Yono)

Males Baca?

BANDUNG - Atal Sembiring Depari gagal mempertahankan kursinya sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028. Ia ditumbangkan oleh rival beratnya, Hendri CH Bangun, yang pada Kongres PWI di Solo 2018 kalah tipis selisih 3 suara dengan Atal.

Pemilihan Ketua Umum PWI, Selasa (26/9/2023), berlangsung dua putaran. Putaran pertama diikuti tiga calon, yaitu Atal (40 suara), Hendri (39 suara), dan Zulmansyah Sakedang (9 suara).

Pada putaran kedua, Atal dan Hendri bersaing ketat. Hendri akhirnya menang dengan perolehan 47 suara, sedangkan Atal mendapatkan 41 suara.

Kemenangan Hendri Bangun dalam sidang yang dipimpin Lutfil Hakim (PWI Jatim), Farianda Putra Sinik (PWI Sumut),Samsir Hamajen (PWI Maluku Utara) ini merupakan kejutan, mengingat Atal merupakan petahana dan memiliki dukungan kuat dari sejumlah pengurus PWI di daerah.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” jelas Hendri.

Kemenangan Hendri Bangun dalam Kongres PWI XX di Bandung yang dilangsungkan 25-26 September 2023 di Bandung ini diduga kuat dipengaruhi oleh laporan Dewan Kehormatan PWI yang mengkritik kinerja Atal selama lima tahun terakhir. Laporan tersebut menyebutkan bahwa Atal telah melanggar sejumlah aturan organisasi, termasuk tidak melaksanakan sanksi yang dijatuhkan oleh Dewan Kehormatan.

Selain itu, Hendri Bangun juga berhasil mendapatkan dukungan dari Zulmansyah Sakedang, yang pada putaran pertama memperoleh 9 suara. Pada putaran kedua, Zulmansyah memberikan 8 suaranya kepada Hendri Bangun.

Sebagai Ketua Umum PWI yang baru, Hendri Bangun memiliki tantangan besar untuk memperbaiki kinerja organisasi. Ia harus mengembalikan kepercayaan publik terhadap PWI dan menjadikan organisasi ini sebagai rumah bersama bagi seluruh wartawan di Indonesia.

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan secara aklamasi terpilih Sasongko Tedjo yang sebelumnya Sekretaris Dewan Kehormatan bersama Ilham Bintang sebagai Ketua. Ilham Bintang patuh pada konstitusi PWI, karena sudah dua kali menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

 

 

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya



Bendesa Berawa Segera Disidangkan