Ciptakan Semangat Kerukunan, IKT Teluk Bintuni Gelar Perlombaan Tari Dero

Senin, 04 Desember 2023 06:52 WITA

Card image

Lenang, Minggu (3/12/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

BINTUNI - Ikatan Kerukunan Toraja (IKT) Teluk Bintuni menggelar Perlombaan Tari Dero antar Sektor sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pra Natal. Acara berlangsung di Tongkonan Tanah Merah, kampung Awarepi, Distrik Bintuni, Minggu (3/12/2023) yang diikuti 10 grup Tari Dero yang berasal dari 7 sektor.

Ketua IKT Teluk Bintuni, drg Ferdinand Mangalik, mengatakan bahwa kegiatan ini berhasil menyatukan berbagai kalangan, dari tua hingga muda, dalam upaya melestarikan kekayaan budaya bangsa.

"Kegiatan ini juga menjadi momen yang berkesan bagi masyarakat Teluk Bintuni dalam memperkuat ikatan kerukunan dan kebersamaan dalam menyambut perayaan Natal," kata Mangalik.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Agustina Lenang mengatakan bahwa program lomba tari Dero yang diikuti oleh ibu-ibu IKT Bintuni ini akan menjadi program setiap pra dan pasca Natal setiap tahunnya.

“Harapan kami melalui kegiatan ini ibu-ibu IKT Bintuni di masing-masing sektor lebih aktif dan lebih kompak lagi dalam melaksanakan setiap kegiatan atau acara yang digelar IKT Bintuni,” tuturnya.

Keseruan acara ditunjukkan dengan sorak sorai dan tepuk tangan riang sepanjang perlombaan Dero. Para pendukung dari berbagai sektor pun turut meramaikan halaman Tongkonan yang baru diresmikan pada 22 Oktober 2022 lalu.

"Lomba tarian Dero atau tarian massal ini untuk menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan. Tarian ini tidak mengenal strata ketika orang menari bersama-sama," kata Agustina yang Wakil Ketua 8 IKT Bintuni itu.

Dalam lomba tersebut, juara 1 diraih oleh sektor Bintuni Timur yang mendapatkan uang pembinaan Rp 2 juta, juara 2 oleh sektor SP-4 mendapat Rp 1,750 juta. Selanjutnya juara 3 oleh sektor Bintuni Tengah, juara harapan 1 oleh sektor SP-2 dan SP-3, serta juara terheboh oleh sektor SP-1 dan Bintuni Tengah yang kesemuanya mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Reporter: Haiser


Komentar

Berita Lainnya