Disnakertrans Torut Gelar Pelatihan Tatarias untuk Masyarakat

Rabu, 01 Juni 2022 16:43 WITA

Card image

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Toraja Utara Yakop Pongsendana menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada peserta MTU usai mengikuti pelatihan selama 20 Hari (Foto: Saldi Samara)

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, RANTEPAO - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Toraja Utara Yakop Pongsendana menutup pelatihan mobile training unit (MTU) menjahit, tatarias dan barista angkatan pertama tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Toraja Utara dan berlangsung di Aula Kantor  Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Selasa (31/5/2022). 

Adapun para peserta yang mengikuti  pelatihan menjahit, tatarias (kecantikan)  dan barista mendapatkan pembekalan materi dan praktek selama 160 jam dari instruktur yang dimulai 28 Maret hingga 20 April 2022 di Lembang Nonongan, Kecamatan Kesu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Toraja Utara Yakop Pongsendana mengatakan, pihaknya memberi bekal program unggulan diklat ketrampilan yang sangat dibutuhkan  masyarakat.

"Terutama kaum ibu dan remaja untuk mendukung meningkatkan pendapatan ekonomi yang  berpeluang untuk membuka kegiatan usaha di Toraja Utara," terangnya.

Dijelaskan, pihaknya akan melanjutkan MTU tahap kedua untuk 5 paket dengan  kegiatan yang sama (tingkat dasar) tapi peserta berbeda untuk mengembangkan dan memperluas pelayanan bagi yang membutuhkan skill terlebih khusus yang kehilangan kegiatan kerja.

Ransililu menambahkan, kegiatan MTU angkatan pertama yang dilaksanakan tahun 2022 yaitu untuk pelatihan menjahit diikuti 2 paket dan pelatihan tatarias, kecantikan 2 paket serta barista 1 paket.

"Para peserta usai mengikuti MTU  selama 20 hari telah mendapatkan sertifikat dari UPTD Balai Latihan Kerja Toraja Utara," tuturnya.

Salah satu peserta pelatihan menjahit di sela acara penutupan MTU menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disnaker dan instruktur yang sudah memberi fasilitas kegiatan pelatihan mobile training unit yang sangat bermanfaat untuk dijadikan modal kedepan.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya