FIB Unud Laksanakan Pengabdian kepada  Masyarakat di SMKN2 Sukawati

Minggu, 17 September 2023 18:15 WITA

Card image

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMKN 2 Sukawati, Gianyar, Jumat (15/9/2023). (Foto: Dok.Unud)

Males Baca?

GIANYAR - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMKN 2 Sukawati, Gianyar. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 15 September 2023 dengan menyasar siswa-siswi kelas X sekolah tersebut. Siswa-siswi yang menjadi peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SMKN 2 Sukawati yang berasal dari tiga program keahlian, yakni perhotelan, tata boga, dan desain komunikasi visual.

Baca juga:
Unud Kerja Sama dengan BPKP Bali Luncurkan Program Magang Bersertifikat MBKM


Sebelum kegiatan pengabdian di laksanakan, FIB Unud dan SMKN 2 Sukawati menandatangani berita acara implementasi kerja sama di antara keduanya. Setelahnya, kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan melibatkan narasumber dari kedelapan program studi strata 1 (S1) yang dimiliki FIB Unud, yakni program studi Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Bali, Sastra Jepang, Sastra Jawa Kuna, Ilmu Sejarah, Arkeologi, dan Antropologi Budaya.
 
Berbagai topik yang berhubungan dengan bahasa dan budaya serta kaitannya dengan dunia pariwisata dibawakan para narasumber dalam kegiatan ini. Topik-topik tersebut antara lain (1) Attitude Receptionist, (2) Peluang dan Tantangan Industri Pariwisata di Era Digital, (3) Eksistensi Budaya Bali dalam Dunia Pariwisata, (4) Pelestarian Kuliner Lokal dalam Menunjang Pariwisata, (5) Peluang dan Tantangan Industri Lokal dalam Era Digital, (6) Sejarah Perkembangan Kuliner Lokal Bali, (7) Potret Kehidupan Sosial Kultural Bali dari Jaman ke Jaman, (8) Busana Bali dalam Industri Pariwisata.

Dalam sambutannya, Kepala SMKN 2 Sukawati, Bapak I Made Soma, S.T., M.Pd., menyambut baik kedatangan tim pengabdian FIB Unud. Beliau berharap melalui kegiatan ini, para siswa-siswi dapat memperoleh pengetahuan tambahan terkait bahasa dan budaya serta kaitannya dengan dunia pariwisata.

Baca juga:
Kunjungan tim IPE ke Camat Denpasar Selatan


Senada dengan Kepala SMKN 2 Sukawati, Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. berharap bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat memberikan manfaat kepada para siswa-siswi SMKN 2 Sukawati. Beliau juga berharap bahwa hubungan baik yang terjalin antara FIB Unud dan SMKN 2 Sukawati dapat terus berlanjut dan berbagai kegiatan lainnya, baik pengabdian maupun tridharma lainnya, dapat terus menerus dilaksanakan dengan kolaborasi kedua belah pihak.
 
“Tentu harapan kami, kegiatan pengabdian ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para siswa dan sekolah, dari segi pengetahuan tambahan mengenai bahasa dan budaya, khususnya yang berkaitan dengan prakteknya dalam dunia pariwisata,” papar Prof. Satyawati. (unud.ac.id)


Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya