Hindari KKB Pengubin, Ratusan Warga IKT Tiba di Jayapura

Jumat, 13 Januari 2023 19:40 WITA

Card image

Caption foto : Warga IKT baru tiba di Base Ops Lanud Silap Papare dari Bandara Oksibil, Jumat (13/1/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?


SENTANI - Ratusan warga di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua memilih mengungsi ke Jayapura. Hingga sore tadi, mereka berangkat menggunakan Pesawat Hercules via Base Ops Lanud Silas Papare dan Bandara Sentani.

Warga memilih mengungsi lantaran daerah tersebut dianggap tidak aman, pascapembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap Kantor Disdukcapil Kabupaten Pegunungan Bintang, serta gedung SMKN 1 dan melakukan penembakan terhadap pesawat sipil.

Pantauan di lapangan, sebanyak 39 warga masyarakat pergi pada penerbangan pertama dan 22 orang pada penerbangan kedua, Kamis (12/1/2023).

Demikian juga, Jumat (13/1/2023) telah datang sebanyak 16 orang di penerbangan pertama dan 26 orang di penerbangan kedua. Bahkan ada satu pesawat komersil Smart Air mengangkut 16 orang penumpang dari Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang ke Jayapura

Untuk diketahui, ratusan penumpang tersebut sebagian besar terdiri dari anak-anak dan perempuan.

"Benar masyarakat memilih mengungsi ke Jayapura. Namun kami sendiri melalui jajaran belum mendapatkan laporan tentang latar belakang dari para warga tersebut mengungsi. Jadi, tidak ada laporan tentang isu itu dari Kapolres Pegunungan Bintang," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat (13/1/2023).

Dirinya mengakui bahwa warga yang memilih mengungsi ke Jayapura sudah terlihat di Bandara Sentani, Base Ops Lanud Silas Papare antara lain perempuan dan anak-anak. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya