IWARA Teluk Bintuni Sosialisasikan Pencegahan Stunting dan Gizi Buruk

Senin, 27 November 2023 11:50 WITA

Card image

Foto bersama, Wakil Bupati dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni beserta Pengurus IWARA Kabupaten Teluk Bintuni, Senin (27/11/2023) di Gedung WCC Bintuni.

Males Baca?

BINTUNI - Ikatan Wanita Rakyat (WARA) Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan stunting dan gizi buruk, Senin (27/11/2023), di Gedung WCC Bintuni.

Penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan "Pekan IWARA Peduli Penanganan Stunting dan Gizi Buruk" yang dilaksanakan 26 November hingga 2 Desember 2023. Selain penyuluhan, dilangsungkan juga pembagian paket sembako kepada masyarakat.


Dalam kegiatan penyuluhan kali ini, tiga narasumber memberikan materi terkait pencegahan dan penanggulangan stunting dan gizi buruk. Dokter Rafiqa Rois Sp.A memberikan perspektif tentang pencegahan dan penanganan stunting serta gizi buruk pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. 

Sementara itu, Yunani Kondolele SKM membahas penerapan pola makan keluarga, dan Jane M. Fimbay SPd membahas program dan kebijakan strategis pemerintah dalam peningkatan peran perempuan dalam pencegahan stunting dan gizi buruk.

IWARA merasa terpanggil untuk bergandengan tangan dengan pemerintah dan semua stakeholder beserta kekuatan masyarakat untuk mencari solusi terbaik untuk penanganan stunting dan gizi buruk.
Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop yang berkesempatan membuka acara, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga mengajak agar kaum bapak dapat mendukung kaum ibu untuk menurunkan kasus stunting.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan mendukung penanganan stunting di Kabupaten Teluk Bintuni," ujar Matret Kokop.

Wakil Bupati yang juga Ketua Tim Penanganan Stunting di Kabupaten Teluk Bintuni ini mengaku menerapkan  sistem jemput bola untuk mengajak ibu-ibu, sehingga saat ini Kabupaten Teluk Bintuni menduduki peringkat kedua dalam penanganan stunting di Provinsi Papua Barat. 

Peserta kegiatan kali ini terdiri dari guru TK, guru sekolah dasar, penggerak Posyandu, dan perwakilan organisasi masyarakat.
Selain itu turut hadir  Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Yohanes Pongtuluran, dan Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Ayor Kosepa sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan stunting dan gizi buruk di wilayah tersebut. 

“Lembaga DPRD mendukung penuh kegiatan istri-istri Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni atau Ikatan Wanita Rakyat (IWARA) Kabupaten Teluk Bintuni  yang terpanggil untuk bergandengan tangan dengan pemerintah dan semua stakeholder beserta kekuatan masyarakat dalam upaya mencari solusi terbaik untuk penanganan stunting dan gizi buruk,” ujar Yohanes Pongtuluran. 

Atas tercapainya kegiatan ini, lanjut Yohannes,  Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni beserta pengurus IWARA mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua Tim Penanganan Stunting Kabupaten Teluk Bintuni, Kepala Dinas BPKAD, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Bintuni, dan kepala Badan Kesbangpol.

Reporter: Haiser


Komentar

Berita Lainnya