Jaksa Agung Launching 3 Buku Serangkaian Hari Bhakti Adhyaksa

Jumat, 15 Juli 2022 20:47 WITA

Card image

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana.

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin melaunching tiga buah buku serangkaian Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-72. Launching buku berlangsung di Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa, Jumat (15/7/2022).

Tiga buku tersebut yakni pertama Prof. Dr. ST. Burhanuddin Mengubah Paradigma Keadilan Langkah Restorative Justice Kejaksaan, kedua Keadilan Restoratif Dalam Bingkai Hati Nurani, dan ketiga Jaksa Agung RI ST Burhanuddin Dalam Pemberitaan (Tajam Ke Atas, Humanis Ke Bawah).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan bahwa buku berjudul “Jaksa Agung RI ST Burhanuddin Dalam Pemberitaan (Tajam Ke Atas, Humanis Ke Bawah)” ini sangat penting.

Karena di tengah-tengah beban kerja yang begitu banyak, kinerja yang begitu baik, dan apresiasi dari masyarakat yang meningkat, sangat disayangkan jika tidak dipublikasikan dalam naskah ilmiah atau karya berupa buku.

“Puspenkum menginisasi untuk membuat catatan sejarah bagi Kejaksaan, dan hampir semua bidang berkreativitas dan berprestasi dengan baik, seperti Bidang Intelijen, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Bidang Tindak Pidana Khusus, dan bidang lainnya. Ke depan, Puspenkum akan menghasilkan karya-karya terbaik lainnya dalam bentuk buku,” terangnya.

Selama 3 tahun semenjak dilantik sebagai Jaksa Agung RI dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 lanjutnya, nama Prof. Dr. ST. Burhanuddin selalu menjadi pejabat dan tokoh publik yang wara-wiri dalam pemberitaan nasional di Indonesia.

Pasang surut pemberitaan mulai dari kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung dan beberapa kasus yang melibatkan internal Kejaksaan baik di pusat maupun di daerah menjadikan tantangan yang tidak mudah dalam membenahi institusi dan memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan RI. 

"Titik balik dari keterpurukan tersebut sedikit demi sedikit mulai di-restore atau dipulihkan fitrahnya menjadi lembaga negara yang meraih kepercayaan dari masyarakat," paparnya.

Dikatakan, hasil survei berbagai lembaga menunjukkan tren positif terhadap Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan ST Burhanuddin dalam penegakan hukum, terutama pemberantasan korupsi yang berdampak pada kepercayaan publik semakin meningkat, di antaranya dalam mengungkap sejumlah kasus seperti PT. Asuransi Jiwasraya, PT. ASABRI, PT. Garuda Indonesia, hingga perkara minyak goreng.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya