Kampung Nimbokrang Kabupaten Jayapura Kebanjiran, 450 Warga Terdampak

Senin, 10 Januari 2022 04:58 WITA

Card image

Males Baca?


MCWNEWS.COM, SENTANI - Ratusan Rumah di Kampung Nimbokrang Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura terendam banjir.

Intensitas hujan hingga luapan Sungai Asso dan anakan sungai lain ini, merendam rumah-rumah warga yang berada disekitar bantaran, mulai dari Blok A, B, C, D dan E. 

Tinggi air diperkirakan mencapai lutut orang dewasa hingga 1,5 meter dibeberapa daerah yang dekat sungai. Akibatnya, selain perabot rumah rusak aktifitas warga juga nyaris lumpuh, terlebih akses jalan penghubung dan jalan utama Nimbokrang - Benyom Jaya tidak bisa dilalui akibat genangan air.

Tim gabungan baik dari Pemerintah Kampung, TNI Polri, Medis dan relawan bergerak cepat memantau langsung warga terdampak.

Kepala Kampung Nimbokrang, Tita Puspita Sari kepada media ini menyebut sebanyak 450 Kepala Keluarga menjadi korban atas musibah banjir ini.

"Kami sudah mendata warga berdampak dan sementara ada 450 KK dibagian barat untuk bagian lain masih kami data lagi. Jumlah jiwa keseluruhan warga Kampung Nimbokrang sebanyak 1.934 jiwa,"jelas Kepala Kampung, Minggu (9/1/2022).

Dikatakan, pihaknya juga telah membuat dapur umum untuk mencover kebutuhan warga, utamanya untuk makanan siap saji.

"Kita juga sudah membuat Dapur Umum ada 2 dari Pemerintah Kampung dan Sewadaya Masyarakat," katanya.

Sementara Suyono salah satu warga menyebut, jika kebutuhan saat ini yang mendesak adalah makanan siap saji bagi warga terdampak.

Dikatakan meski banjir mulai surut, namun dipastikan warga jiga tidak bisa mengolah makanan dirimah lantaran bahan dan peralatan yang terendam air.

"Kalau ada yang mau bantu mungkin sembako yang saat ini perlu. Karena warga korban banjir tidak mungkin bisa memasak. Jadi Dapur umum inilah tempat memaskanya. Kami berharap ada bantuan," pungkasnya. (dy)


  • TAGS:

Komentar

Berita Lainnya