Kebakaran Lereng Gunung Agung Merusak 80 Hektar Hutan

Kamis, 28 September 2023 21:28 WITA

Card image

Tim gabungan dari BPBD Karangasem, Damkar Karangasem, KRPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat telah dikerahkan untuk memadamkan api, Kamis (28/9/2023). (Foto: Dok.BPBD Karangasem)

Males Baca?

AMLAPURA - Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Agung, tepatnya di wilayah Dusun Juntal, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Kebakaran ini mulai terjadi pada Kamis (28/9/2023) sekitar pukul 08.00 Wita pagi.

Informasi mengenai kebakaran ini diterima dari Babinsa Kubu yang melaporkan adanya asap tebal terlihat di lereng Gunung Agung, yang berada dalam wilayah Dusun Juntal. 

“Kawasan yang terbakar adalah hutan lindung di lereng Gunung Agung, namun untuk lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan penduduk,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Kamis petang.

Tim gabungan dari BPBD Karangasem, Damkar Karangasem, KRPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat telah dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, akses jalan menuju titik api sulit dijangkau dan jauh berada di atas.

Kebakaran hutan juga dilaporkan melanda Wilayah Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Daya/UPTD di KPH Bali Timur, tepatnya di Dusun Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu. 

Upaya pemadaman dilakukan oleh personel dari RPH Daya, Bhabinkamtibmas Desa Ban, Babinsa Desa Ban, anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Bukit Anyar, dan masyarakat setempat. 

Api telah menyebar ke wilayah bawah/utara dan atas/barat laut. Kendati upaya pemadaman berfokus di wilayah bawah/utara, upaya di lokasi atas/barat laut terhambat oleh jarak yang jauh dan medan yang terjal. 

“Vegetasi yang terbakar termasuk sonokeling, akasia, rumput kering, dan semak belukar,” terang IB Ketut Arimbawa.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya