Ketua PWI Papua Barat Serahkan Sertifikat UKW Usai Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 07 November 2023 20:54 WITA

Card image

Ketua PWI Papua Barat, Bustam (kemeja panjang abu-abu), saat menyerahkan sertifikat UKW kepada pengurus PWI Teluk Bintuni, Haiser Situmorang, Selasa (7/11/2023).

Males Baca?

BINTUNI - Para wartawan dari wilayah Manokwari, Bintuni, dan Fakfak, Papua Barat, mengikuti pelatihan jurnalistik yang berlangsung di Aula Kartini, Bintuni, Selasa (7/11/2023). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Pelatihan Jurnalistik Hulu Migas Klaster Papua Barat yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) bekerja sama dengan SKK Migas - KKKS Wilayah Papua dan Maluku.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam, turut hadir dalam pelatihan yang juga dihadiri oleh pengurus dan anggota PWI Teluk Bintuni, dan wartawan di luar organisasi PWI tersebut. 

Peserta pelatihan yang disiarkan secara langsung melalui YouTube dan Zoom Meeting dengan durasi mencapai 6 jam, 55 menit, dan 24 detik, diberikan pemahaman tentang Kode Etik Jurnalistik oleh narasumber dari LPDS. 

Selain itu, perwakilan dari TANGGUH, sebuah perusahaan gas yang beroperasi di Kabupaten Teluk Bintuni, Fredi Kutanggas, juga memberikan informasi tentang program-program investasi sosial di TANGGUH yang perlu disampaikan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni.

Dalam pelatihan ini, pembawa materi menekankan pentingnya kode etik dalam profesi wartawan, karena tanpa kode etik, wartawan bisa menjadi otoriter, anarkis, dan semaunya. 

Tim pengajar dari LPDS juga memberikan wawasan tentang cara penulisan berita yang baik dan benar, serta topik-topik lain yang berkaitan dengan pekerjaan wartawan. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pembawa materi. 

Setelah pelatihan jurnalistik selesai, 10 wartawan yang telah mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2023 yang berlangsung pada 17-18 Juli 2023 lalu, dari 10 peserta, 6 di antaranya meraih jenjang Madya, dan 4 lainnya meraih jenjang Muda.

Pada kesempatan itu Ketua PWI Papua Barat, Bustam, berharap pelatihan ini akan membantu peserta memahami tugas seorang wartawan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Pamalu dan LPDS atas pelaksanaan pelatihan ini. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya