KPK Angkut Mobil Mewah Audi A6 dari Rumah Mentan di Makassar 

Kamis, 05 Oktober 2023 14:33 WITA

Card image

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat wawancara dengan wartawan. (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung menggeledah rumah pribadi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di daerah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penggeledahan sendiri dilakukan pada Rabu (4/10/2023) kemarin.

Dari rumah pribadi Mentan tersebut, tim mengamankan satu unit mobil mewah merek Audi A6. Selain itu, tim juga mengamankan dokumen yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Tim Penyidik, (4/10) telah selesai melakukan penggeledahan di wilayah Kota Makassar. Beralamat di Jalan Pelita Raya dan Jalan Bumi 13 Blok C Perum B BPH Makassar," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (5/10/2023).

"Dari lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti antara lain berupa 1 unit mobil merek Audi A6 dan sejumlah dokumen. Penyitaan sekaligus analisis masih dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan ini," sambungnya.

Untuk diketahui, KPK telah meningkatkan status penyelidikan terkait dugaan korupsi di Kementan ke tahap penyidikan. Salah satu kasus yang sedang diusut KPK di Kementan yakni terkait dengan jual beli jabatan.

Sejalan dengan itu, KPK dikabarkan juga telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Ketiga tersangka itu yakni, Mentan Syahrul Yasin Limpo; Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono; serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta.

Sementara itu, belum ada pernyataan resmi dari Syahrul Yasin Limpo ihwal penetapan tersangka oleh KPK. Pun demikian dari Kasdi Subagyono dan M Hatta. KPK sudah melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi terkait kasus ini.

 

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya