KPK Periksa Politikus NasDem Rajiv sebagai Saksi Kasus Korupsi SYL

Selasa, 30 Januari 2024 13:17 WITA

Card image

Rajiv Mengenakan Jaket dan Celana Panjang Hitam Memenuhi Panggilan KPK sebagai Saksi Kasus SYL, Selasa (30/1/2024)

Males Baca?

JAKARTA - Politikus Partai NasDem Rajiv memenuhi panggilan ulang pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pagi ini. Saat ini, Rajiv sedang menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan suap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Saksi Rajiv sudah sudah datang dan sedang dilakukan pemeriksaan sebagai saksi oleh tim penyidik," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (30/1/2024).

Berdasarkan pantauan, Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Timnas Anies - Muhaimin (Amin) tersebut datang memenuhi panggilan penyidik KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, sekira pukul 09.38 WIB. Dalam kesempatan itu, Rajiv menjelaskan alasan ketidakhadirannya pada panggilan sebelumnya.

"Saya hadir diundang, reschedule kemarin Jumat kan, karena ada halangan hari ini saya hadir," ungkap Rajiv.

Pria yang dikenal dekat dengan artis Raffi Ahmad tersebut juga menekankan bahwa dirinya bukan mangkir alias tidak memenuhi panggilan KPK. Ia hanya meminta untuk dijadwalkan ulang pemeriksaannya karena ada kerabat yang meninggal dunia.

"Kalau mangkir itu enggak datang, kalau ini kan reschedule. Kan Pak Ali Fikri bilang saya reschedule kan, bukan mangkir. Iya, ada kerabat (meninggal). Saya masuk dulu ya," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka. Politikus NasDem tersebut ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan suap terkait promosi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Syahrul Limpo ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono (KS) dan Direktur Alat Mesin Pertanian, M Hatta (MH). Syahrul diduga menginstruksikan Kasdi dan Hatta untuk mengumpulkan uang terkait promosi jabatan di Kementan.

Adapun, harga yang dipatok untuk para eselon I agar mendapatkan jabatan di Kementan yakni kisaran 4.000 hingga 10.000 dollar Amerika Serikat atau setara ratusan juta rupiah. Syahrul Limpo diduga aktor tertinggi yang memerintahkan anak buahnya untuk mengumpulkan uang promosi jabatan tersebut.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya