MAKI: Harta Sandra Dewi Harus Disita!

Kamis, 04 April 2024 13:51 WITA

Card image

Sandra Dewi dan Harvey Moeis. (Foto: ig sandradewi88)

Males Baca?

JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menilai pemanggilan Sandra Dewi ke Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi dalam kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suaminya, Harvey Moeis, sudah tepat.

"Sudah seharusnya dan sudah semestinya penyidik Kejagung memanggil Sandra Dewi. Karena dia istri Harvey Moeis yang jadi tersangka korupsi tata niaga timah," kata Boyamin, Kamis (4/4/2024) siang.

Bonyamin menyinggung soal hadiah mewah yang diterima Sandra Dewi dari Harvey Moeis, seperti mobil Rolls Royce, Mini Cooper, dan jet pribadi. Menurutnya, hal tersebut perlu diklarifikasi oleh penyidik.

"Karena di catatan media sosial, Sandra Dewi pernah dapat mobil Roll Royce, Mini Cooper, bahkan jet pribadi yang saya yakin nilai mahal. Jika Harvey Moeis diduga menerima uang pengelolaan timah, maka otomatis sebagai istri mendapatkan uang-uang tadi," ujarnya.

"Minimal diminta keterangan menerima aliran dana. Soal tahu tidak tahu asalnya urusan lain. Lalu harus ditanya apakah tahu pekerjaan suami? Termasuk apakah tahu atau tidak asal uang? Tiga pertanyaan ini harus diklarifikasi," sambung Boyamin.

Boyamin mengatakan, jika Sandra Dewi terbukti tidak mengetahui asal usul uang tersebut, maka ia tetap berstatus sebagai saksi. Namun, ada konsekuensi lain, yaitu uang yang dikelola dan disimpan Sandra Dewi bisa disita Kejagung karena diduga hasil korupsi.

"Minimal untuk membayar uang kerugian pengganti negara. Itulah Proses yang haru dijalani Sandra Dewi atas persoalan hukum yang menimpa suaminya," tuturnya.

Boyamin juga mencontohkan kasus Eddies Adelia, yang pernah menjadi tersangka dan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan suaminya.

"Apakah Sandra Dewi kena tindak pidana pencucian uang bisa saja. Terserah penyidik, tergantung pengetahuan. Kalau betul-betul tidak tahu, pemberian sebagai hadiah ya sebagai saksi. Paling utama penyidik kejaksaan agung harus menyita harta-harta yang diserahkan Harvey Moeis dan pemberian yang diberikan Harvey Moeis. Kalau tidak disita ya diblokir," tegas Boyamin.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya