Mangku Pastika Prediksi Koster Tak Ada Lawan pada Pilgub Bali 2024

Senin, 18 Maret 2024 17:42 WITA

Card image

Gubernur Bali periode periode 2008-2018 I Made Mangku Pastika. (Foto: Dewa/MCW)

Males Baca?

DENPASAR - Isu menarik tengah mengemuka di ranah politik Bali menjelang Pemilihan Gubernur 2024. Mantan Gubernur Bali yang disegani, I Made Mangku Pastika, dengan tegas mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kemungkinan besar bahwa petahana, Wayan Koster, akan melawan "kotak kosong" alias menjadi calon tunggal pada Pilkada mendatang.

"Dalam pemilihan gubernur nanti, Pak Koster mungkin tidak akan memiliki lawan yang sepadan, bisa jadi ia akan berhadapan dengan kotak kosong," ungkap Mangku Pastika, Senin (18/3/2024).

Kekhawatiran yang diutarakan oleh Mangku Pastika tidaklah tanpa alasan. Dia menyoroti kemungkinan tiga partai pemegang kunci dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali, yang bisa saja merapat ke PDI Perjuangan (PDIP) , partai pendukung Wayan Koster.

"Dalam pertarungan nanti, partai besar kemungkinan akan bergabung dengan PDIP untuk membentuk koalisi daripada menghadapi perlawanan. Itu mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka," tambah Mangku Pastika.

Tidak hanya itu, Pastika juga menegaskan bahwa rekomendasi dari PDIP untuk Pilgub Bali sudah pasti akan mengarah pada Wayan Koster. "Sudah dapat dipastikan bahwa Pak Koster akan mendapat rekomendasi dari PDIP, dengan probabilitas sekitar 90%. Salah satu alasan utamanya adalah statusnya sebagai petahana, yang pasti akan mendapat dukungan," tegasnya.

Pernyataan yang diungkapkan oleh Mantan Gubernur Bali ini telah menimbulkan beragam spekulasi dan diskusi di kalangan masyarakat Bali. Banyak yang bertanya-tanya apakah kontestasi politik Bali akan menjadi sebuah drama tanpa lawan, ataukah ada potensi bagi calon lain untuk memunculkan diri dan memberikan tantangan serius bagi Wayan Koster. Menarik untuk ditunggu.

Reporter: Dewa


Komentar

Berita Lainnya