Mendebarkan! Pesawat Bawa 12 Penumpang Tergelincir di Bandara Aminggaru

Senin, 05 Februari 2024 19:53 WITA

Card image

Pesawat Smart Air dengan registrasi PK-SNJ mengalami kecelakaan saat mendarat, Senin (5/2/2024).

Males Baca?

JAYAPURA - Situasi mencekam terjadi di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Senin (5/2/2024) pagi. Pesawat Smart Air dengan registrasi PK-SNJ mengalami kecelakaan saat mendarat, namun beruntung seluruh penumpang di dalamnya berhasil selamat.

“Sebanyak 12 penumpang pesawat selamat,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo.

Para penumpang ini diindentifikasi antara lain dr. Yofri, Putu, Obet K, Melinus Tabuni, Erina Murib, Denius, Yulius, Irince, Melince, Weta, Julinus, dan Kior. 

Pesawat yang dipiloti oleh Captain Pilot Ilman A dan Co Pilot Ilham ini membawa sejumlah penumpang dan cargo dengan berat kurang lebih 2,6 kuintal. 

“Cuaca pada saat penerbangan relatif baik, meskipun beberapa hari sebelumnya cuaca di wilayah Kabupaten Puncak cukup ekstrem,” terang Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia.

Pesawat dari Bandara Mozes Kilangin Timika ini mengalami kegagalan rem pada roda belakang sebelah kanan. Hal ini menyebabkan pesawat belok ke kiri, keluar dari landasan pacu, menabrak pagar bandara, dan mengeluarkan asap.

Warga dan aparat keamanan yang melihat kejadian tersebut langsung berlarian ke pesawat untuk membantu evakuasi penumpang dan awak pesawat. Berkat kesigapan mereka, seluruh penumpang berhasil selamat tanpa mengalami luka serius.

Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi bersama pihak maskapai dan pihak terkait untuk langkah-langkah selanjutnya guna mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang.

Reporter: Edy


Komentar

Berita Lainnya