Partai Buruh Papua Dukung Pileg 2024 Aman, Damai dan Sejuk, KPU Diharap Jeli Atas Berkas Kandidat

Rabu, 27 September 2023 18:53 WITA

Card image

Ketua DPD Partai Buruh Papua Ramses Felle, (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

JAYAPURA - Partai Buruh Provinsi Papua mendukung Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 yang aman, damai, dan sejuk. Partai Buruh juga berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat menjalankan tugasnya dengan baik, terutama dalam proses verifikasi berkas calon.

Ketua DPD Partai Buruh Provinsi Papua, Ramses Felle, mengatakan, KPU harus benar-benar jeli dan teliti dalam memeriksa berkas calon. Hal ini penting untuk memastikan bahwa calon yang lolos adalah calon yang memenuhi syarat dan memiliki integritas.

DPD Partai Buruh Papua mengharapkan saat penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) pada 4 November 2023, KPU selaku pihak dapat menjalankan tugas dengan profesional dan proporsional. “Karena masa penetapan DCT merupakan salah satu tahapan Pemilu yang sangat berpotensi menimbulkan banyak dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP)," tegas Ramses.

"Kami meminta KPU harus benar-benar jeli dan teliti untuk memperhatikan penulisan nama calon, keabsahan ijazah, hingga calon yang menggunakan foto editan, kemudian bakal calon yang pernah terjerat dengan kasus tindak pidana," kata Ramses, Rabu (27/9/2023).

Ramses juga berharap KPU dapat menegakkan aturan yang berlaku secara netral. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses Pemilu. "KPU juga harus benar-benar netral," tegasnya.

Selain itu, Ramses juga mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Masyarakat diminta untuk cermat menentukan pilihannya agar dapat menghasilkan anggota legislatif yang profesional dan amanah.

"Mari kita dukung Pemilu serentak di Papua maupun tiga DOB lain ini bisa berjalan aman, dan damai serta nantinya dapat menghasilkan anggota legislatif yang profesional dan tentu betul-betul menjadi wakil rakyat yang amanah," katanya.

Untuk diketahui, Partai Buruh merupakan salah satu partai politik baru yang berperan penting dalam kancah politik Indonesia. Hingga saat ini Partai Buruh telah memiliki perwakilan daerah di 34 provinsi, 514 perwakilan tingkat kabupaten/kota, dan lebih dari 6.000 perwakilan di tingkat kecamatan. 

Pada tanggal 14 Desember 2022 Partai Buruh telah resmi dinyatakan lolos ikut serta dalam Pemilu 2024 oleh KPU dan untuk Provinsi Papua sendiri Partai Buruh telah mendaftarkan 45 bakal calon legislatif DPRP Provinsi Papua di 7 Dapil dan sudah terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

 

 

Reporter: Edy

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya