Paul Finsen Prihatin Sejumlah Anak OAP di Dusun Mihij Tidak Sekolah

Jumat, 23 September 2022 20:54 WITA

Card image

Kondisi masyarakat Adat di Dusun Mihij, Kampung Desay, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari.  Jumat, (23/9/2022), (Foto: Dok. DAP)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat, Mananwir Paul Finsen Mayor mengaku merasa prihatin dengan kondisi masyarakat Adat di Dusun Mihij, Kampung Desay, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari. 

Hal ini dikarenakan sejumlah anak orang asli Papua (OAP) tidak sekolah dan selama 22 tahun tidak ada aliran listrik ke rumah mereka.

"Keprihatinan kami karena sejak Otsus Papua diberlakukan sejak tahun 2001 sampai dengan saat ini sudah mencapai 20 an tahun, masih ada anak-anak generasi muda Orang Asli Papua yang tidak bisa mengenyam pendidikan di PAUD, Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Hal ini karena tidak ada fasilitas umum yang dapat digunakan sebagai tempat dan penunjang keseharian Masyarakat Adat di sana," ujarnya, Jumat (23/9/2022).

Ia menerangkan, di Dusun Mihij dihuni oleh Masyarakat Adat Papua dari Suku Besar Arfak. Apabila tidak disentuh dengan pendidikan, maka bagaimana kehidupan mereka kedepannya.

Beberapa warga masyarakat baik dari perkumpulan warga Nusantara yang tinggal bersama-sama di Kampung Desay kemudian menghubungi Dewan Adat Wilayah III Doberay Papua Barat sebagai Rumah Besar Masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat untuk turun dan melihat langsung kondisi hidup Masyarakat Adat Papua di sana yang sehari-hari seperti itu.

Bahkan ada salah satu anak yang berusaha keras untuk menempuh pendidikan Sekolah Dasar lalu melanjutkan ke Pendidikan Menengah Pertama atau SMP/ SLTP.

"Namun kemudian terpaksa harus membantu mamanya jualan di pasar karena tidak ada biaya untuk melanjutkan ke SMP. Salah satu anak asli Papua ini punya keinginan kuat untuk sekolah di SMP hanya tidak ada biaya untuk sekolah. Anak dari Mama Selly Sayori," tuturnya.

Selain itu, di Dusun Mihij sama sekali tidak ada listrik, air bersih, fasilitas pendidikan maupun fasilitas umum seperti jalan raya. Hanya ada jalan tikus kecil dari depan jalan ke dalam dusun tempat masyarakat adat Papua ini bermukim.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya