Prioritaskan Siswa Miskin, Disdikpora Bali Targetkan 100% Kuota PPDB 2024/2025

Selasa, 02 April 2024 17:46 WITA

Card image

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa. (Foto: Dewa/MCW).

Males Baca?

DENPASAR - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas kepada siswa miskin. Hal ini dibuktikan dengan target 100% kuota siswa miskin dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025.

Kepala Disdikpora Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa mengatakan, kebijakan ini merupakan upaya untuk memajukan pendidikan di Bali, khususnya bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Untuk tahun ini kita targetkan 100% berbeda dari tahun 2023 mendapat jatah sebesar 30% ini untuk kemajuan pendidikan terutama di Provinsi Bali," ujar Boy kepada wartawan, Selasa (2/4/2024).

Peningkatan kuota ini mendapat dukungan penuh dari Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya. Boy mengatakan, Pj Gubernur berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Bali, dan salah satu caranya adalah dengan memberikan akses pendidikan yang lebih luas kepada siswa miskin.

"Sudah ada komunikasi dengan Pak Pj dan beliau mendukung upaya ini, kita ke depannya akan terus berusaha untuk memajukan pendidikan khususnya di Bali," kata Boy.

Lebih lanjut, Boy menjelaskan bahwa sistem PPDB 2024 tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Sistem zonasi masih akan digunakan sebagai sistem utama dalam PPDB.

"Untuk sistem PPDB 2024 tidak mengalami perubahan dari tahun 2023, tetap menggunakan sistem zonasi. Tetapi untuk siswa miskin mendapat kuota lebih hingga 100%," pungkas Boy.

Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi siswa miskin untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Bali secara keseluruhan.

Reporter: Dewa


Komentar

Berita Lainnya