Sambangi Unpatti, Ketua KPK Titip Pesan Antikorupsi untuk Mahasiswa

Kamis, 08 Juni 2023 16:43 WITA

Card image

Ketua KPK, Firli Bahuri saat hadir dalam kegiatan program Campus Integrity Festival (CIFest) di Auditorium Universitas Pattimura, Kamis (8/6/2023). (Foto: Dokumentasi KPK)

Males Baca?

 

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi Universitas Pattimura (Unpatti) di Kota Ambon, hari ini. Kedatangan Firli Bahuri tersebut dalam rangka menghadiri program Campus Integrity Festival (CIFest) yang diinisiasi KPK.

Dalam kesempatan itu, Firli menitipkan pesan antikorupsi kepada seluruh civitas akademika di Unpatti. Ia juga mengaku kagum terhadap Hymne dari kampus tertua di kota Ambon ini. Sebab, tersoat nuansa integritas di dalam Hymne Unpatti.

"Kenapa Unpatti terpilih di samping dua kota lainnya? itu semua bisa dilihat dari lirik Hymne Universitas Pattimura. Itu mewujudkan integritas," ungkap Firli dalam sambutannya di Auditorium Universitas Pattimura, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, Unpatti memiliki semangat dan visi yang sama dengan tujuan dari Program CIFest dalam mewujudkan ekosistem pendidikan yang berintegritas. Hal itu senada dengan program trisula KPK.

"Bait pertama pada hymne berbunyi ‘Universitas Pattimura, Pelambang Kecerdasan’ menunjukkan identitas kampus yang mengemban amanah untuk mewujudkan generasi berintegritas," pesan Firli.

Berbicara tentang itu, Firli menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda penting memiliki tiga kecerdasan, pertama intelektual; kedua, emosional, ketiga, spiritual. Ketiga kecerdasan tersebut tidak hanya untuk urusan duniawi akan tetapi penting menjadi bekal di kehidupan berikutnya nanti.

Lebih lanjut, bait ‘Nusa Bangsa, Lembaga Penjelmaan Tuntutan Sejarah, Pewujud Idaman Bhineka Tunggal Ika’ menurut Firli adalah bukti bahwa Unpatti merupakan pembina generasi Pancasila.

“Kalau kita mengamalkan dan implementasikan nilai pancasila, kita tidak akan melakukan korupsi. Karena pancasila adalah identitas kita,” tegasnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya