Sampaikan Aspirasi, Masyarakat Ketengban Datangi Kantor AMA di Sentani

Senin, 19 Juni 2023 16:50 WITA

Card image

Warga Ketengban Pegunungan Bintang melalukan aksi di Kantor AMA Sentani, Senin (19/6/2023). (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Puluhan Masyarakat Ketengban, Pegunungan Bintang mendatangi Kantor Maskapai AMA di Kompleks Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Masyarakat yang juga tergabung dalam Forum Peduli Pemekaran Ketenban ini hendak meminta klarifikasi Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana dan Tim DOB yang direncanakan terbang ke Ketengban Pegunungan Bintang.

Selain masyarakat, beberapa anggota dewan baik DPRD Pegunungan Bintang maupun DPR Papua turut dalam aksi, Senin (19/6/2023) ini.


Tokoh senior Pegunungan Bintang Ignatius Mimin engatakan, pihaknya meminta Bupati dan Tim DOB fokus untuk mendahulukan pemekaran Ketengban, bukan dengan daerah lain yani Okmin Pegunungan dan Okmin Selatan.

"Pegunungan Bintang sudah saatnya dimekarkan karena memiliki wilayah yang cukup luas. Dan Ketengban yang sudah sangat lama diurus untuk dimekarkan sejak 2006 sampai sekarang, sehingga kami meminta fokus dulu ke Ketengban," katanya.

Menurutnya, kedatangan tim kajian DOB bersama Bupati ke Ketengban dengan rencana melakukan kajian ulang sama saja memulai proses dari awal.

"Kami tolak kedatangan dan rencana tim ke Ketengban. Menurut kami itu sudah selesai dari tahun 2006 itu. Mau kajian apa lagi, kalau mau kaji batas wilayah itu namanya mengulang. Jangan mulai yang baru lagi," ujarnya.

Pihaknya ingin Ketengban yang sudah lebih dulu jadi untuk dimekarkan, bukan Okmin yang baru menjadi wacana ini. Dikatakan, rencana pemekaran Ketengban sudah ada dalam Amanat Presiden (Ampres) bersama beberapa wilayah rencana DOB yang lain di Papua.

"Jadi jangan dikorek-korek. Ketengban sudah ada Ampresnya, dia nomor dua setelah Griminawa," jelasnya.


Halaman :
  • TAGS:
  • JAYAPURA

Komentar

Berita Lainnya