Selain Cerdaskan Bangsa, Firli Sebut Tujuan Indonesia adalah Bebas Korupsi

Selasa, 02 Mei 2023 21:20 WITA

Card image

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, saat berpidato dalam acara halal bihalal 1444 Hijriah, Selasa (2/5/2023). (Foto: Dok.Ali/KPK)

Males Baca?

 

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, selama ini Indonesia memiliki dua tujuan utama yang dikejar untuk kemakmuran rakyatnya. Yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Namun, jika masih terjadi praktik korupsi imbuhnya, maka kesejahteraan masyarakat tidak akan pernah terjadi. 

"Kita sama-sama sudah memilih ladang pengabdian, profesi, kerja keras, kerja cerdas dalam rangka pemberantasan korupsi. Kita sudah memilih itu," ucapnya saat KPK menggelar acara halal bihalal 1444 Hijriah, Selasa (2/5/2023). 

Karena itu kata Firli, segenap insan KPK yang bekerja di KPK, bukan sekadar profesi tapi diharapkan menjadikan ini ladang pengabdian dan amal ibadah yang disumbangkan kepada negara.

Ia menambahkan, pada tahun 2023 ini KPK harus mengencangkan sabuk pertahanan dan mengencangkan barisan dalam menghadapi tahun politik. 

KPK juga diharapkan bisa membangun komitmen bersama dalam pemberantasan korupsi yang mengacu pada tugas pokok KPK yang diatur dalam UU No. 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“KPK bisa diibaratkan sebuah perahu besar, dan kita semua adalah penumpangnya. Dia memiliki tujuan yang sama yaitu memberantas korupsi. Namun tujuan itu sulit diwujudkan apabila kita masih berdamai dengan korupsi," tuturnya.

Firli menegaskan, meski KPK akan mengalami pergantian Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) di akhir tahun nanti, tapi semangat pemberantasan korupsi tidak akan pernah padam. 

Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Dewas Tumpak Hatorangan Panggabean di kesempatan yang sama. Tumpak menuturkan, meski momen halal bihalal ini menjadi halal bihalal terakhirnya di KPK, namun komitmen memerangi korupsi tidak akan pernah surut. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya