Tidak Hanya Sandera Pilot Pesawat, KKB juga Sandera 15 Pekerja Puskesmas 

Rabu, 08 Februari 2023 13:09 WITA

Card image

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri saat gelar jumpa pers, Rabu, (8/2/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Polisi menduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogeya tidak hanya menyandra pilot Susi Air PK-BVY, namun juga warga lain.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri menerangkan, adapun yang turut disandera oleh KKB yakni pekerja yang tengah membangun Puskesmas Paro.

"Memang benar peristiwa ini berawal dari pengancaman terhadap 15 pekerja yang membangun Puskesmas," terangnya kepada awak media, Rabu (8/2/2023).

Pihaknya kemudian memerintahkan Kapolres agar berkoordinasi dengan Pemda untuk mengevakuasi para pekerja karena dikhawatirkan akan menjadi korban pembunuhan. 

"Rupanya tadi pagi (kemarin,red) ada pesawat yang masuk mungkin dugaan kami, pikirnya untuk membawa para karyawan keluar sehingga pesawatnya ditahan dan pilot serta penumpangnya diturunkan lalu mereka membakar pesawat," ungkapnya.

Kapolda mengatakan, KKB membawa pilot dab 15 karyawan keluar Distrik Paro, yang jaraknya sekitar 200-300 meter.

"Mereka dibawa keluar oleh kelompok Egianus, kami sedang berupaya untuk berkoordinasi dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat," tuturnya.

Dirinya juga berharap dukungan semua pihak agar para sandera bisa dilepaskan. Sementara untuk tuntutan, Kapolda mengaku berupaya untuk malakukan komunikasi.

"Mudah-mudahan bisa bernegosiasi agar yang disandera bisa dilepas. Tuntutannya belum ada. Kita belum dapat tuntutan karena kita sedang berupaya berkomunikasi," katanya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya