Tingkatkan Produksi Pangan, KemenPUPR Telah Selesaikan 36 Bendungan

Selasa, 23 Mei 2023 19:37 WITA

Card image

Bendungan Kuwil Kawangkoan (Sulut), Salah satu bendungan yang dibangun Kementerian PUPR, (Foto: Dok.PUPR)

Males Baca?

 

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 36 bendungan di berbagai wilayah di Indonesia sejak 2015 sampai dengan 2022.

Dari jumlah tersebut, terdapat 7 bendungan yakni Bendungan Semantok (Jatim), Ciawi (Jabar), Sukamahi (Jabar), Sadarwarna (Jabar), Beringin Sila (NTB), Kuwil Kawangkoan (Sulut) dan Tamblang (Bali) telah diresmikan.

"Bendungan yang dibangun untuk mendukung target ketahanan pangan dan ketahanan air nasional," kata Direktur Bendungan dan Danau, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR Adenan Rasyid, Selasa (23/5/2023).

Ia mengungkapkan bendungan multifungsi yang dibangun bertujuan sebagai sumber air irigasi, air baku, potensial sebagai pembangkit listrik, pengendalian banjir, konservasi air, dan pariwisata.

Dia menjelaskan, 36 bendungan yang telah selesai dibangun dapat mengairi sawah seluas 245.103 ha, atau 4 kali luas wilayah Jakarta yang berpotensi meningkatkan produksi padi menjadi 2 juta ton per tahun.

Serta menyediakan tambahan air baku sebesar 17,19 m3 per detik yang dapat memenuhi kebutuhan bagi 10 juta jiwa penduduk.

Ditambahkan, pada periode tahun 2023-2025, juga akan diselesaikan 25 bendungan, sehingga total yang nantinya selesai dibangun sebanyak 61 bendungan.

Adenan mengatakan, untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian tanaman pangan, pemerintah melakukan 2 strategi utama yakni meningkatkan konversi padi ke beras dan meningkatkan indeks pertanaman. 

"Dengan penyelesaian 61 bendungan sampai dengan tahun 2024, akan meningkatkan indeks pertanaman dari 143 persen menjadi 200 persen," tuturnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya