Update OTT Gubernur Malut: KPK Tangkap Total 18 Orang

Selasa, 19 Desember 2023 21:56 WITA

Card image

Kegiatan tangkap tangan di maluku utara ada 18 orang yang diamankan, Selasa (19/12/2023).

Males Baca?

JAKARTA - Kabag Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengupdate jumlah para pihak yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Maluku Utara dan Jakarta. Sejauh ini, kata Ali, ada 18 orang yang diamankan dalam operasi senyap di dua daerah tersebut.

"Dalam kegiatan tangkap tangan di maluku utara sejauh ini 18 orang yang diamankan. Masih dilakukan pemeriksaan tim," kata Ali saat dikonfirmasi, Selasa (19/12/2023).

Mereka yang diamankan dalam OTT tersebut di antaranya, Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK), pejabat Malut, serta pihak swasta. Selain itu, KPK juga mengamankan uang dalam OTT tersebut. Jumlah uang masih belum dirincikan KPK.

"Ada juga ditemukan uang sebagai bukti. Yang jumlahnya masih terus dikonfirmasi kepada para pihak yang ditangkap," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa OTT di Maluku Utara diduga berkaitan dengan korupsi lelang jabatan serta proyek Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

"Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Senin (18/12/2023).

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terjaring dalam OTT tersebut. Rencananya, KPK akan menggelar konpers terkait OTT tersebut besok.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya