Atlet Panahan Bali Gemilang, Raih Medali Emas di Yogyakarta

Sabtu, 02 Maret 2024 17:24 WITA

Card image

Atlet panahan Bali Rasyad Syafiq Firjatullah (kiri), Putu Joe Friendly Suyasa (tengah), dan Gusti Fazli Kertinegoro (kanan). (Foto: Dok.MCW)

Males Baca?

YOGYAKARTA - Kejuaraan Gladi Panahan SS VII/2024 di Yogyakarta menjadi ajang pembuktian bagi para atlet muda Bali. Trio atlet panahan dari klub Bali Archerry School (BAS) berhasil menyabet medali emas di nomor recurve beregu, mengalahkan tim tuan rumah DIY yang diperkuat dua mantan atlet timnas.

Gusti Fazli Kertinegoro, Rasyad Syafiq Firjatullah, dan Putu Joe Friendly Suyasa, ketiga atlet muda yang masih duduk di bangku SMP dan SMA, menunjukkan performa gemilang di Lapangan Yonif 403, Kentungan, Yogyakarta, 26 Februari - 3 Maret 2024.

Di bawah kepemimpinan Gusti Fazli, mereka berhasil mengalahkan Tim Bibis DIY di babak semifinal dengan skor 6-2. Padahal tim tuan rumah diperkuat dua atlet mantan timnas, yakni Okka Bagus Subekti dan Lianawanto Putra Aditya.

Pada babak final, tim BAS kembali bertemu dengan tim dari Yogyakarta, yaitu Tim UKM Panahan Universitas Negeri Yogyakarta. Pertandingan berlangsung sengit dan skor imbang memaksa pertandingan berlanjut ke babak shoot off. Kegigihan dan ketenangan tim BAS akhirnya mengantarkan mereka meraih kemenangan dengan skor 58 dari 60.

Guati Fazli Kertinegoro selaku leader baru duduk di bangku kelas 11, Rasyad Syafiq kelas 9 SMP Albanna, serta Putu Joe Friendly siswa kelas 8 SMPN 2 Denpasar. 

"Kami bangga dengan pencapaian anak-anak ini. Mereka masih junior, tapi mampu menunjukkan kemampuan luar biasa dan meraih skor tinggi," ujar Infithar Fajar Putra, Ketua Klub BAS dan Sekum Perpani Bali.

Keberhasilan ini merupakan kejutan bagi tim BAS yang sama sekali tidak memasang target medali di kejuaraan ini. Fajar Putra menjelaskan bahwa tujuan utama mereka adalah untuk menambah jam terbang dan pengalaman bertanding bagi para atlet muda.

"Kami bersyukur atas hasil ini. Medali emas ini menjadi bonus dan bukti bahwa pembinaan panahan di Bali berjalan dengan baik," kata Fajar Putra.

Kejuaraan Gladi Panahan SS VII/2024 diikuti oleh 700 atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Tim BAS sendiri menurunkan 14 atlet yang bertanding di berbagai divisi.

Selain tiga atlet peraih emas dari divisi recurve putra, juga menurunkan Farishanti Kinaryanna, Adena Savitri Artha, dan Natasha Putri (divisi recurve putri), Aldi Taufikurrohman Al Haji, Dwipa Erick Chubei Ardani dan M. Daffa Raditya Wiyono (divisi nasional putra). Sania Syaharani, Nazilla Idris, dan Nikita Putri Suyasa (divisi nasional putri), Almira Adorabelle, Dimas Alvaro Raditya (divisi compound).

Reporter: Daniel


Komentar

Berita Lainnya