Terobosan Baru! Pengadilan Negeri Sorong Sediakan Dokter

Jumat, 01 Maret 2024 12:38 WITA

Card image

Yosep Titirlolobi SH, Direktur Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Papua Optimis (LBH Gerimis)

Males Baca?

SORONG - Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Pengadilan Negeri Sorong di bawah kepemimpinan Ketua Pengadilan Elisabeth Simatau SH MH. Pengadilan di Papua Barat Daya ini menghadirkan dokter di lingkungan pengadilan untuk membantu para tahanan dan pengunjung yang membutuhkan pertolongan medis.

Langkah ini diapresiasi oleh Yosep Titirlolobi SH, Direktur Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Papua Optimis (LBH Gerimis). Yosep mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya terjadi di Pengadilan se-Tanah Papua dan kedua di Indonesia.

Kehadiran dokter di pengadilan sangat bermanfaat bagi para tahanan yang tiba-tiba jatuh sakit dan juga bagi masyarakat di Provinsi Papua Barat Daya yang berkunjung untuk menyaksikan sidang keluarganya.

"Hal ini tentu sangat membantu masyarakat dan para tahanan bilamana ada yang jatuh sakit di pengadilan. Penanganan atau pertolongan pertama bisa cepat langsung dilakukan oleh dokter yang bertugas di Pengadilan Negeri Sorong sebelum dirujuk ke Rumah Sakit yang ada di Kota Sorong," kata Yosep, Jumat (1/3).

Yosep menambahkan bahwa klinik dan dokter di Pengadilan Negeri Sorong juga dapat membantu masyarakat yang selama ini banyak yang jatuh sakit saat menyaksikan keluarganya dihadapkan di muka pengadilan.

"Banyak yang pingsan, darah tinggi, pusing-pusing bisa segera langsung diobati," ujarnya.

LBH Gerimis meminta kepada semua Pengadilan Negeri yang ada di tanah Papua untuk juga harus menyiapkan Klinik dan Dokter agar bisa membantu masyarakat yang datang berkunjung ke pengadilan dalam menyaksikan keluarganya yang disidangkan.

"Mengingat bahwa cuma hanya di Papua saja satu pengadilan negeri bisa menangani berbagai perkara di 6 kabupaten, tentunya dengan Klinik tersebut dihadirkan di lingkungan pengadilan paling tidak banyak membantu masyarakat," tegas Yosep.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya