Bawaslu Torut Ajak Semua Komponen Bangsa Menciptakan Pemilu Berintegritas

Selasa, 14 Februari 2023 17:04 WITA

Card image

Penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2023 yang berlangsung di sekretariat Bawaslu Toraja Utara, Selasa, (14/2/2023). (Foto: Saldi/mcw)

Males Baca?


RANTEPAO - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara mengajak semua komponen bangsa menciptakan Pemilu yang damai dan berintegritas melalui deklarasi.

Ketua Bawaslu Toraja Utara Andarias Duma mengatakan hal itu saat siaga pengawasan "Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024" yang dirangkaikan penanda tanganan  Deklarasi Kampanye Damai pemilu Tahun 2024.

Andarias menuturkan, kegiatan pengawasan dilaksanakan di seluruh Indonesia bertujuan sebagai simbol kesiapan pengawas pemilu menuju satu tahun tahapan pemilu, yang dimulai 14 Februari 2023.

Hal itu sebagai penguatan dan sinergitas aspek pencegahan pengawasan hubungan antar lembaga partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat dan kepada seluruh stocholder dalam menghadapi pemilu 2024 

"Adanya penguatan hubungan antara lembaga dalam pemilu 2024 khususnya terkait Bawaslu dengan KPU jajaran penyelenggaraan tehnis dan pengawas, mengajak semua komponen bangsa menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas melalui deklarasi yang akan dilakukan pada hari ini," ujarnya, Selasa (14/2/2023).

Dikatakan, satu tahun menjelang hari pemungutan suara pada pemilu, Bawaslu semakin mematangkan dan  memastikan langkah dalam mengoptimalkan pengawasan pemilu dari berbagai aspek.

Apa yang dilakukan Bawaslu merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas  demokrasi melalui pemilu berjalan dengan luber dan jurdil sebagaimana yang telah diamanahkan oleh Undang-undang.

Dari aspek pengawasan Bawaslu lanjutnya, perlu melakukan tindakan mulai dari melakukan pengawasan hingga mulai dari persiapan hingga pelaksanaan tahapan pemilu. 

"Bawaslu dalam melakukan pengawasan telah menyusun pedoman dan alat kerja yang menjadi acuan setiap pengawas mulai dari tingkat kabupaten hingga TPS. Dari aspek pencegahan, Bawaslu perlu melakukan tindakan pencegahan untuk meminalisir munculnya pelanggaran pemilu yang akan terjadi kedepan," terangnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya