Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Tamblang Miliki Sejumlah Keunggulan

Kamis, 02 Februari 2023 16:59 WITA

Card image

Presiden Jokowi resmikan Bendungan Tamblang di Buleleng, Kamis (2/2/2023). (Foto: Wibisono/PUPR)

Males Baca?

 

BULELENG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tamblang yang berada di Kabupaten Buleleng. Bendungan ini dibangun oleh kontraktor pelaksana PT Pembangunan Perumahan (PP) - PT. Adijaya (KSO). 

Dalam peresmian bendungan yang dibangun sejak 2018 dengan biaya Rp820,8 miliar tersebut, Presiden mengajak siswa-siswi SD/SMP/SMA di Buleleng.

"Kapasitas tampung bendungan ini mencapai 5,1 juta m3 dan luas genangannya kurang lebih 29,8 hektare. Ini akan mengairi sawah 588 hektare. Jadi bendungan ini dipakai untuk irigasi sawah dan untuk mengurangi banjir," ucapnya, Kamis (2/2/2023).

Sebelum peresmian, Jokowi dan rombongan disambut ratusan penari dari pelajar SMA, SMP dan SD di sekitar Buleleng. Keikutsertaan pelajar ini merupakan upaya edukasi kepada generasi muda akan pentingnya bendungan sebagai sarana dan prasarana pengelolaan air. 

Presiden yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto juga berinteraksi dan bertanya jawab seputar manfaat bendungan kepada para pelajar yang hadir. 

Salah satu pertanyaannya adalah menyebutkan fungsi utama Bendungan Danu Kerthi adalah untuk mengurangi risiko banjir dan membangkitkan daya listrik.

Menteri Basuki dalam kesempatan itu mengatakan, selain dalam rangka  meningkatkan produktivitas pertanian, Bendungan Tamblang memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.  

"Bendungan ini memiliki manfaat untuk mereduksi banjir sebesar 156,86 m3/detik, menyediakan air baku dengan debit 510 liter/detik, menambah cadangan listrik (PLTM) sebesar 0,54 MW, kawasan konservasi, dan potensi pariwisata baru di Bali utara," tuturnya.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menambahkan, ada satu keunggulan Bendungan Tamblang jika dibandingkan dengan bendungan lain.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya