Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Gelar Seminar Alumni

Rabu, 11 Oktober 2023 17:00 WITA

Card image

Seminar alumni dalam rangka pelepasan calon wisudawan Fakultas Ilmu Budaya, Rabu (11/10/2023). (Foto: dok. Unud).

Males Baca?

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menggelar seminar alumni dalam rangka pelepasan calon wisudawan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana ke-156.

Seminar berlangsung di ruang Auditorium Widya Sabha Mandala, Gedung Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, FIB Unud, Rabu (11/10/2023).

Seminar dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Ketua Panitia Yudisium ke-156, pembicara, beserta para calon wisudawan.

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan III FIB Unud, Dr. Ni Ketut Puji Astiti Laksmi, S.S., M.Si., yang sekaligus membuka acara seminar alumni.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kali ini merupakan kali pertamanya berdiri dan membuka acara sebagai Wakil Dekan III sekaligus beliau berharap agar seminar ini nantinya mampu menjadi wadah untuk saling mengenal dan bertukar ilmu mengenai penelitian yang sudah dihasilkan.

“Ini merupakan pertama kalinya saya berdiri disini sebagai wakil dekan dan mengenal adik-adik semua, semoga dengan diadakannya seminar alumni ini mampu menjadi wadah bagi adik-adik sekalian untuk saling mengenal sekaligus menyimak hasil-hasil penelitian yang sudah dihasilkan dan dapat dikenal lebih luas lagi,” ujarnya.

Seminar menghadirkan tiga orang pembicara, yaitu Morioka Marina dari Program Studi Sastra Jepang Program S1, Putu Ayu Suryani dari Program Studi Linguistik Program Magister, dan Gede Pasek Putra Adnyana Yasa dari Program Studi Kajian Budaya Program Doktor. Acara Seminar Alumni ini dipandu sepenuhnya oleh I Komang Sumaryana Putra, S.S. M.Hum.

Morioka Marina dari Program Studi Sastra Jepang Program S1 membawakan materi tentang “Borderline Personality Disorder pada Tokoh Mikey Dalam Manga Tokyo Revengers Karya Ken Wakui”.

Dalam penelitiannya memfokuskan pandangan pada studi psikologi sastra dan memiliki simpulan yang menyampaikan bahwa tokoh mikey dalam mangan Tokyo Revengers memiliki enam gejala BPD yaitu takut akan pengabaian dan penolakan, Memiliki hubungan interpersonal yang tidak stabil, memiliki prilaku implusif, prilaku bunuh diri, dan mengalami disosiasi berupa halusinasi, dan krisis identitas yang disebabkan oleh trauma serta pengaruh lingkungan yang buruk dikarenakan memikul tanggung jawab yang berat sejak masih muda.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya