Gung Anom Minta Pemerintah Klungkung Serius Tangani Sampah

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WITA

Card image

Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom. (Foto: Dewa).

Males Baca?

KLUNGKUNG - Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom menyebut kondisi permasalahan sampah di Kabupaten Klungkung saat ini adalah masalah serius, sehingga pemerintah tidak boleh memandang dengan sebelah mata.

“Harus ada solusi cepat dan jangka panjang menangani permasalahan sampah ini, tidak hanya di Klungkung daratan tapi di Nusa Penida juga, masalah sama yakni sampah,” kata Gung Anom dalam keteranganya Jumat (22/3/2024).

Menurut Gung Anom penanganan sampah di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center harus ditingkatkan sehingga hasil residunya lebih sedikit.

 “Untuk jangka panjang, harus disiapkan mesin incinerator untuk menangani residu sampah ini, dan tentunya saya sebagai pimpinan DPRD sangat mendukung penuh penanganan ini,” jelas Gung Anom.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika mengatakan masalah utama di Kabupaten Klungkung adalah peningkatan volume sampah yang mencapai dua kali lipat. Dari sebelumnya sekitar 16 ton, namun saat ini sudah diatas 32 ton setiap harinya. 

"Kami masih mengalami kendala sampah, jumlah sampah yang dihasilkan dengan kemampuan daerah mengelola sampah tersebut tidak memadai, kondisinya ini diperparah dengan overload-nya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sente serta belum optimalnya kemampuan desa dalam mengelola sampah dan relatif rendahnya partisipasi masyarakat dalam mengolah sampah dari sumbernya,” kata Jendrika.

Reporter: Dewa


Komentar

Berita Lainnya