Hadiri G20 di India, Mentan Yasin Limpo Absen Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Jumat, 16 Juni 2023 12:07 WITA

Card image

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, (Foto: Instagram syasinlimpo)

Males Baca?

 

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo absen alias tak memenuhi undangan permintaan keterangan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Sebab, Yasin Limpo saat ini sedang berada di India dalam rangka menghadiri acara G20.

"Kami menghadiri pertemuan para Menteri Pertanian G20 di India. Indonesia yang telah dipercaya sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 tentu saja sepatutnya hadir dalam penutupan perhelatan Internasional tersebut," ujar Yasin Limpo melalui keterangan resminya, Jumat (16/6/2023).

Politikus NasDem tersebut mengaku sudah mengirimkan surat ke KPk terkait ketidakhadirannya pada undangan permintaan keterangan, hari ini. Namun, ia berjanji kedepannya akan kooperatif memenuhi undangan permintaan keterangan KPK. Oleh karenanya, ia meminta dijadwalkan ulang.

"Jadi, kami belum bisa memenuhi undangan KPK hari ini sama sekali bukan karena urusan pribadi, tetapi dalam rangka menjalankan tugas negara. Namun demikian, Kami pastikan tetap menghormati KPK dan mengajukan permintaan agar dapat diperiksa pada hari Selasa, 27 Juni 2023," kata Yasin Limpo.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut berharap KPK bisa menjadwalkan ulang permintaan keterangan terhadap dirinya pada Selasa 27 Juni 2023. Sebab, Yasin mengaku masih ada kegiatan negara di luar negeri dalam beberapa pekan kedepan.

"Juga terdapat rencana kunjungan ke RRT dan Korea Selatan dalam rangka penguatan kerjasama modrenisasi pertanian dan fasilitasi pasar ekspor pertanian," terangnya.

Yasin Limpo mengaku juga turut menyimak pernyataan sejumlah pihak yang mengaitkan penyelidikan Dugaan korupsi di Kementan dengan aspek politik. Ia mengaku siap untuk menghadapi proses hukum yang menyeret-nyeret namanya di KPK.

"Sekalipun banyak pendapat seperti itu, namun dengan kerendahan hati, sebagai warga negara biasa, saya akan menjalani seluruh aral-rintang ini," ungkap Yasin.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya