Indonesia Optimis Swasembada Pangan dalam 3 Tahun

Selasa, 28 November 2023 10:22 WITA

Card image

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, bertemu dengan Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste, Rajendra Aryal di Hotel Mulia Jakarta, Selasa, (28/11/2023).

Males Baca?

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan. Optimisme ini didasari oleh potensi lahan pertanian yang masih sangat luas, salah satunya adalah lahan rawa mineral.

"Indonesia memiliki sekitar 10 juta hektare lahan rawa mineral yang belum tergarap maksimal. Jika kita optimalkan, lahan ini bisa menjadi andalan untuk meningkatkan produksi pangan," kata Mentan Amran.

Keyakinan ini diutarakan Amran Sulaiman saat bertemu dengan Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste, Rajendra Aryal di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Saat ini, Indonesia masih mengimpor sejumlah komoditas pangan, seperti beras, jagung, dan gula. Impor ini terjadi karena produksi dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan.

"Kami sampaikan saat ini kami fokus meningkatkan produksi padi dan jagung karena tahun ini kita masih impor. Mudah mudahan tahun depan produksi meningkat dan 2-3 tahun ke depan kita bisa swasembada," ujar Amran Sulaiman.

Untuk mencapai swasembada pangan, Mentan Amran menargetkan peningkatan produksi padi dan jagung sebesar 1 juta hektare per tahun. 

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pendampingan petani di Timor Leste untuk meningkatkan produksi pangan di kawasan regional.

"Kita akan bantu petani di Timor Leste untuk meningkatkan produktivitasnya. Kita akan kirimkan para ahli pertanian untuk memberikan pelatihan dan pendampingan," ujar Mentan Amran.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya