Jagung Varietas Sukmaraga Tumbuh Subur di Nimbokrang, Hasilnya Memuaskan

Minggu, 15 Oktober 2023 06:01 WITA

Card image

Bhabinkamtibmas Kampung Nimbokrang Bripka Yoyong Kuncoro, SH menyampaikan Support pemerintah termasuk Kepolisian terus dilakukan agar wilayah yang dikenal sentra pertanian Kabupaten Jayapura ini terus mampu bangkit dan maju. (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

NIMBOKRANG  - Kelompok Tani "Karya Tani"Kampung Nimbokrang Kabupaten Jayapura berhasil mengembangkan jagung Varietas unggul Sukmaraga di wilayah itu, dengan hasil memuaskan. 

Varietas Sukmaraga merupakan Varietas baru jagung unggulan yang dikembangkan Kementerian Pertanian ini adalah varietas jagung yang tahan terhadap penyakit bulai (P. maydis), penyakit bercak daun (H. maydis), dan penyakit karat daun (Puccinia sp.). 

Ditambah lagi, varietas ini mampu tumbuh pada dataran rendah hingga pada 800 mdpl dan adaptif terhadap tanah-tanah masam.

Atas ini, jagung varietas Sukmaraga dipastikan mampu tumbuh subur dan menghasilkan tongkat yang baik di wilayah dataran Kampung Nimbokrang. 

Hal ini juga nampak saat panen perdana yang dilakukan pagi tadi, Sabtu (14/10/2023) bersama  kelompok tani Karya Tani, Balai BSIP (Badan Standar Intrumen Papua), UPT Pertanian, dan Bhabinkamtibmas Kampung Nimbokrang beserta diikuti 15 Siswa Praktek Kerja Lapangan SMK Santo Yusup Nasaret Sentani.

Dari lahan 2 Ha milik kelompok Tani, panen yang dihasilkan cukup banyak dan dianggap berhasil.

Kepala Balai BSIP Papua
Dr.Ir Martina Sri Lestari.MP dalam kesempatan tersebut mengakui jika varietas Sukmaraga merupakan program BSIP kepada petani.

"Bibit jagung varietas Sukmaraga untuk petani Nimbokrang ini berasal dari BSIP, dan setelah panen ini, bibit itu bisa kembali dimanfaatkan para petani untuk melakukan pengembangan atau kemandirian benih," ucap Martini.

"Varitas Sukmaraga termasuk jagung komposit yang bisa di tanam kembali, karena apabila masyarakat ingin membeli benih jagung dipasaran harganya cukup mahal," sambungnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya