KPK Tangkap 25 Orang Hasil OTT di 4 Daerah 

Rabu, 12 April 2023 18:07 WITA

Card image

Gedung KPK (Foto: Dok.mcw)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan total 25 orang dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) di empat daerah yakni Semarang, Jakarta, Jawa Barat, dan Surabaya. Salah satu yang diamankan dalam operasi senyap tersebut yakni, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang, Putu Sumarjaya.

"Sejauh ini, tim KPK berhasil mengamankan para pihak terkait kasus ini sekitar 25 orang. Penangkapan di lakukan di Semarang, Jakarta, Jawa Barat dan Surabaya," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Rabu (12/4/2023).

Ali menjelaskan, kegiatan tangkap tangan yang digelar di empat daerah tersebut berkaitan dengan dugaan korupsi pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi dan perlintasan kereta api lainnya, termasuk Track Layout (TLo) Stasiun Tegal. 

"Dugaan korupsinya terkait pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi dan proyek-proyek perbaikan perlintasan kereta api lainnya di  DJKA Kemenhub," kata Ali Fikri.

KPK juga berhasil mengamankan uang sekira miliaran rupiah dari empat daerah yang menjadi target OTT. Uang tersebut ditemukan dalam pecahan rupiah dan dollar Amerika Serikat. Uang itu diduga bukti korupsi pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi.

"Benar, sejauh ini turut diamankan uang sebagai barang bukti. Sebagai bukti permulaan sekitar miliaran rupiah. Ada juga uang sebanyak sekitar ribuan dollar amerika serikat," pungkasnya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. KPK berencana menggelar konferensi pers terkait OTT KPK terhadap pejabat perkeretaapian tersebut, hari ini.

Reporter: Satrio
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya