KPK Periksa Intensif 4 Orang yang Kena OTT di Semarang

Rabu, 12 April 2023 12:00 WITA

Card image

Rombongan Pihak yang Terjaring OTT di Semarang Tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada Rabu (12/4/2023), pagi. (Foto: Satrio/mcw)

Males Baca?


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung melakukan pemeriksaan intensif terhadap empat orang yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Semarang, Jawa Tengah. Keempat orang tersebut yakni, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Semarang, Putu Sumarjaya.

Kemudian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pekerjaan perkeretaapian dan pihak swasta. Keempat orang tersebut diperiksa secara intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, setelah tiba dari Semarang, tadi pagi.

"Betul. Empat orang yang ditangkap sudah tiba di Gedung Merah Putih KPK. Segera dilakukan pemeriksaan lanjutan," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (12/4/2023).

"Empat orang tersebut antara lain Kepala BTP semarang, Pejabat PPK dan swasta," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, tim penindakan KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Semarang dan Jakarta pada Selasa, 11 April 2023, siang. Tim berhasil mengamankan sejumlah pihak dalam OTT tersebut.

Sejumlah pihak tersebut di antaranya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya; Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Pekerjaan Perkeretaapian dan pihak swasta.

KPK juga berhasil mengamankan uang senilai miliaran dalam pecahan rupiah dan dollar Amerika Serikat. Uang tersebut masih dalam penghitungan.

Adapun, OTT tersebut diduga berkaitan dengan praktik suap-menyuap proyek Track Layout (TLo) Stasiun Tegal. Diduga, ada oknum pejabat perkeretaapian yang menerima suap dari pihak swasta terkait proyek tersebut.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut.

 

Reporter: Satrio

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya