KPU Kabupaten Toraja Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka

Kamis, 29 Februari 2024 19:22 WITA

Card image

KPU Toraja Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara dan penetapan Hasil pemilu 2024 di Toraja Misliana Hotel, Kamis (29/2/2024).

Males Baca?

RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024 di tingkat Kabupaten Toraja Utara selama 3 hari di Hotel Misliana Kamis ( 29/2/2024).

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Toraja Utara dibuka oleh ketua KPU Toraja Utara Jan Heri Pakan didampingi Komisioner lainnya yang dihadiri Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang bersama wakilnya Frederik V Palimbong.

Sekretaris Daerah, Bawaslu Toraja Utara, Kejari Tana Toraja, Kapolres Toraja Utara dan Dandim 1414 Tana Toraja bersama PPK,PPS, KPPS ,Saksi,Parpol dan Media.

Ketua KPU Toraja Utara, Jan Heri Pakan dalam sambutanya mengatakan Proses pemilu di Toraja Utara berjalan aman dan Tertib.

"Pemilu Presiden dan wakil presiden , DPD, DPR RI , DPRD Prov dan DPRD Kabupaten Toraja Utara berjalan dengan lancar ,namun terdapat Pemilihan Suara Ulang (PSU) di empat TPS tersebut," Ungkapnya.

Ia menambahkan PSU bagi KPU Toraja Utara bukanlah suatu ketidakseriusan dalam melaksanakan penyelenggara pemili ini, tapi ini adalah bentuk tanggungjawab KPU bersama dengan Bawaslu untuk mengadakan PSU yang telah terjadi suatu pelanggaran Administrasi di empat TPS.

"Banyak tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan pemilihan ini tapi berkat bantuan dari kita semua yang difasilitasi oleh pemerintah dan didukung Polri, TNI bahu membahu masyarakat sehingga proses dapat berjalan semua sesuai yang diharapkan" sambungnya.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dalam sambutannya menuturkan, pesta demokrasi pemilu 2024 bisa terselenggara dengan baik karna kerja keras dari pelaksana yaitu KPU,Bawaslu, Kejaksaan dan TNI, Polri 

"Dari kekurangan dan Keterbatasan tentunya harus dievaluasi secara berkala sehingga kita berharap dari satu pemilihan dari pemilihan lain itu berjalan dengan baik sesuai undang undang peraturan pemerintah yang tentu juga diimplementasikan dalam PKPU itu payung hukum kita."

"Nanti dalam perekapan ini tentu kita berharap komisioner KPU, Bawaslu dan para saksi ikuti sesuai aturan yang ada," tegasnya.

"Itulah demokrasi kalau mau bertanding harus siap menang dan kalah . Namanya pertandingan pasti ada yang berhasil dan ada yang keberhasilan yang tertunda."

"Saya berharap kita semua bertanggungjawab menjaga daerah kita supaya aman,damai,tertib itu tanggungjawab kita bersama apalagi daerah kita merupakan daerah pariwisata," pungkasnya.

Untuk diketahui, Hari Kamis ( 29/2/2024 ) 7 Kecamatan rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Tingkat Kabupaten Toraja Utara yaitu :Kecamatan Tondon, Baruppu ,Balusu ,Nanggal ,Awan Rantekarua,Sopai,Bangkelekila.

Reporter: Saldi


Komentar

Berita Lainnya