Lindungi Lingkungan, PUPR Bangun 3 TPST Sampah di Denpasar

Rabu, 09 November 2022 14:10 WITA

Card image

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu di Denpasar Timur, Rabu (9/11/2022). (Foto: Ist)

Males Baca?


DENPASAR - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu di Denpasar Timur.

Pembangunan TPST ini untuk meningkatkan layanan sanitasi di Kota Denpasar.

"Selain TPST Kertalangu, juga dibangun dua TPST lain yakni TPST Padang Sambian di Denpasar Barat dan TPST Tahura Ngurah Rai, Pedungan, Denpasar Selatan," ucap Menteri Basuki kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Dikatakan, pembangunan prasarana dan sarana persampahan pada ketiga TPST utamanya untuk mendukung pelestarian lingkungan kawasan pariwisata Pulau Bali, sekaligus upaya meningkatkan kualitas layanan sanitasi di kawasan pariwisata. 

"Ini tujuannya untuk perlindungan lingkungan, bukan untuk menambah pendapatan asli daerah. Jadi tolong Pemerintah Daerah juga harus mendorong agar TPST beroperasi dengan maksimal," ujarnya saat meninjau di sela-sela persiapan G20.

Ditambahkan, dukungan infrastruktur ketiga TPST di Denpasar di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR di antaranya meliputi pembangunan hanggar, bangunan kantor, jalan akses, jembatan timbang, pos jaga, fasilitas air bersih, ruang genset, pos catat, bak pengumpul lindi, gapura dan pagar, lansekap, dan perlengkapan K3.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya