Masih Ragu Usaha, Ini Kiat Sukses Pegiat UMKM Papua Gunakan KUR BRI

Rabu, 07 Juni 2023 16:37 WITA

Card image

Saat Wapres RI KH. Ma'ruf Amin melihat gerak Siomay Teh Ika dalam kunjungan kerja beberapa waktu lalu ke Kota Jayapura, Rabu (7/6/2023). (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dijalankan pihak Bank BRI terus mendapatkan trand positif dari masyarakat Papua, khususnya bagi pegiat UMKM. Rabu (7/6/2023).

Persyaratan yang mudah, serta angsuran yang ringan dan fleksibel, membuat KUR BRI sangat diminati masyarakat.

Kepada media ini, beberapa pegiat UMKM di Kota Jayapura mengaku sangat terbantu dengan adanya KUR BRI.

Deny Kurniawan, pemilik brand kuliner 'Siomay Teh Ika', kepada media ini mengaku usaha yang telah dirintisnya sejak empat tahunan lalu itu maju dengan pesat.

"Di tahun-tahun awal itu memang sakit, berdarah-darah, hampir menyerah. Namun dua tahunan ini setelah mendapat suntikan dana dari KUR BRI, alhamdulillah usaha saya bisa bertahan sampai sekarang, malah berkembang pesat," kata Kuniawan.

Diakuinya, KUR yang diajukan awal adalah 50 Juta Rupiah setelah selesai, lalu bertambah menjadi 75 Juta Rupiah, dengan rentan cicilan 5 tahun.  Bahkan dirinya telah berencana mengupgrade kembali KUR nya untuk pembelian Mobil Toko.

"Modal itu kemudian selain saya gunakan untuk kebutuhan Outlet, juga saya belikan mesin-mesin produksi. Karena memang saat ini sudah tidak tepat jika menggunakan cara manual. Dengan mesin produksi maka saya bisa mengembangkan usaha Siomay dan Dinsum Ayam saya, termasuk saya berencana berjualan menggunakan Moko, supaya jangkauannya lebih luas," ucapnya.

Dikatakan, selain pemberian KUR, pihak BRI juga intens memberikan pelatihan digitalisasi, semisal digitalisasi pembayaran melalui aplikasi QRIS.

"BRI yang memberikan kami edukasi dan pelatihan digitalisasi QRIS. Dan kami sudah 2 tahunan ini menjadi penjual QRIS,"katanya.


Halaman :
  • TAGS:
  • JAYAPURA

Komentar

Berita Lainnya