Masuki Usia 63, Firli: Korps Adhyaksa Semakin Matang sebagai Instrumen Negara

Sabtu, 22 Juli 2023 13:00 WITA

Card image

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) H Firli Bahuri, (Foto: Dok.KPK)

Males Baca?

JAKARTA - Penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional, menghasilkan produk hukum yang sarat dengan unsur adil dan rasa keadillan baik bagi pelaku maupun rakyat Indonesia.

Mengingat penegakan hukum yang tegas dalam artian tanpa pandang bulu dan humanis yang bermakna memenuhi setiap unsur atau nilai-nilai HAM, adalah kunci stabilitas pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) H Firli Bahuri saat peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63.

Menurutnya, di usia lebih dari setengah abad, Korps Adhyaksa tentunya semakin matang sebagai instrumen negara, dalam melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan dan tugas lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undang.

"Serta mengawasi jalannya penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan di bidang hukum," ujarnya, Sabtu (22/7/2023).

Kejaksaan sebagai pengendali proses perkara (Dominus Litis), memiliki peran sentral dalam setiap penegakan hukum di republik ini, mengingat hanya institusi negara inilah yang dapat menentukan apakah suatu kasus dapat diajukan ke pengadilan atau tidak, berdasarkan alat bukti yang sah menurut Hukum Acara Pidana.

Bukan hanya itu, Kejaksaan juga memiliki kewenangan yang diberikan negara sebagai pelaksana putusan pidana (executive ambtenaar), agar proses hukum sebuah kasus dapat benar-benar paripurna dituntaskan.

Eksistensi serta dedikasi luar biasa segenap insan Adhyaksa dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara, dapat kita rasakan dan lihat dari tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

"Sebagai Pimpinan dan mewakili segenap insan pemberantasan korupsi di KPK, kami mengucapkan syukur Alhamdulillah serta terimakasih sebesar-besarnya kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesia, karena mengirimkan putera-puteri terbaik Korps Adhyaksa, untuk menjadi bagian dari kami sejak awal KPK berdiri dan hingga saat ini," terangnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya