Pemkab Jayapura Kucurkan Rp55 Miliar untuk Pilkada 2024

Jumat, 10 November 2023 23:04 WITA

Card image

Serahterima perjanjian NPHD Pemkab Jayapura dan KPU Kabupaten Jayapura, Jumat, (10/11/2023).

Males Baca?

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura siap mengucurkan dana hibah sebesar Rp55 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. 

Hibah tersebut ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo bersama Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri, Jumat (10/11/2023).

Disepakati bahwa pencairan hibah tersebut akan dilakukan secara bertahap, yaitu sebesar Rp4 miliar pada tahun 2023 dan Rp51 miliar pada tahun 2024.

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, hibah tersebut sesuai dengan ketentuan yang dialokasikan sebesar 40 persen untuk penyelenggaraan Pemilu. Namun, berdasarkan kondisi keuangan daerah yang terbatas, Pemkab Jayapura hanya bisa merealisasikan Rp4 miliar pada tahun 2023.

"Kami berharap, hibah ini dapat membantu KPU Kabupaten Jayapura dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2024," kata Triwarno.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri menyampaikan apresiasi atas pencairan hibah tersebut. Menurutnya, hibah tersebut sangat penting untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024. "Kami akan memanfaatkan hibah ini sebaik-baiknya untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024," kata Daniel.

Daniel Mebri mengaku sejak 2022 hingga 2023 ini bersurat ke Pemkab jayapura terkait dana hibah dimaksud. "Awalnya Rp72 miliar lebih, lalu diubah atau dikurangi Rp69 miliar, setelah itu diturunkan ke Rp67 miliar,” ujar Daniel Mebri. 

Kemudian, lanjut Daniel Mebri, koordinasi dilakukan dengan Pemkab Jayapura dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Dalam pembahasannya terdapat 25 item yang dipangkas, sehingga hibah ini dapat di Rp55 miliar lebih yang disepakati oleh Pemda (TAPD) dengan KPU Kabupaten Jayapura," beber Daniel Mebri.

Penandatangan NPHD yang dilaksanakan di Kediaman Dinas Bupati Jayapura, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura tersebut disaksikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir, Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota dan beberapa Komisioner KPU Kabupaten Jayapura.

Reporter: Edy


Komentar

Berita Lainnya