Pengrajin Pernak-pernik Papua Akan Tawarkan Dagangan di Lokasi Kunjungan Wapres RI

Kamis, 13 Juli 2023 14:33 WITA

Card image

Mama Yokomina menawarkan barang dagangannya kepada wartawan saat berada di Babo, Kamis (12/7/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

 

BABO - Rencana kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’aruf Amin ke Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni  mendorong pengrajin pernak-pernik Papua asal Sorong datang ke Babo.

Mereka nantinya akan menjual noken, mahkota, gelang dari manik-manik, akar bahar, tempat tisu, sisir bambu dan ada juga dari besi putih. 

Salah satunya Yakomina Yantori. Ia sengaja datang dengan menumpang KMP Lema dari Sorong untuk berjualan karena mendapatkan informasi Wapres RI.

"Saya dengar informasi dari masyarakat yang datang belanja ke saya, setelah itu saya cek kapan langsung datang kesini," terangnya, Kamis (13/7/2023).

Ia mengaku barang dagangannya ada yang dibuatnya sendiri dan ada juga yang dia beli dari pengerajin lain. 

"Kalau noken saya buat sendiri, kalau tas kulit kayu saya dan teman-teman kita pedang dari Nabire, seperti tas kulit kayukayu, akar bahar dan gelang besi putih kita pesan," tuturnya yang memiliki lima anak dan sembilan cucu itu. 

Dari hasil berjualan ibu istri dari Elias Rumbewas lanjutnya, ia berhasil mengantarkan anaknya menjadi seorang anggota polisi sekarang berdinas Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sedangkan anak-anaknya yang lain mengikuti jejaknya menjadi pedagang pernak-pernik papua. Ia berharap pedagang pernak-pernik Papua seperti dirinya, mendapatkan perhatian dari panitia juga pemerintah.

"Ketika ada kegiatan disediakan tempat berdagang," tuturnya saat ditemui di tempatnya berdagang tepat di depan tugu peradapan Islam, Babo.


Reporter: Haiser
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya