Periksa Andi Arief Demokrat, KPK Dalami Aliran Uang Bupati Mamberamo Tengah

Senin, 15 Mei 2023 17:57 WITA

Card image

Politikus Demokrat Andi Arief Usai Diperiksa KPK Dalam kapasitasnya sebagai Saksi, Senin (15/5/2023). (Foto: Satrio/mcw)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa Politikus Demokrat, Andi Arief dalam kapasitasnya sebagai saksi, hari ini, Senin (15/5/2023). Andi Arief didalami keterangannya soal aliran uang tersangka Bupati nonaktif Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP.

"Andi Arief (Wiraswasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang dari Tersangka RHP pada beberapa pihak," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan , Senin (15/5/2023).

Sementara itu, Andi Arief mengakui bahwa pemeriksaannya pada hari ini berkaitan dengan aliran uang Ricky Pagawak. Ia mengklaim bahwa diminta bantuan oleh KPK untuk menelusuri aliran uang itu kader Partai Demokrat. Diduga, kader Partai Demokrat ada yang menerima uang dari Ricky Pagawak.

"KPK meminta bantuan agar ada pengakuan dari Ricky Ham Pagawak bahwa dia pernah ada sumbangan. Jadi, saya akan cari yang nerima sumbangannya, dan akan dikembalikan ke KPK kalau ada," klaim Andi Arief di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

"Dan kita mendukung KPK untuk menyelesaikan kasus ini dengan cepat, dan tidak ada hubungannya dengan partai sebenarnya," sambungnya.

Andi berdalih turut menerima aliran uang dari Ricky Pagawak. Ia juga berkelit saat dikonfirmasi soal aliran dana Ricky Pagawak ke Partai Demokrat. 

Selain Andi, KPK juga memeriksa dua Wiraswasta yakni, Uci Sanusi dan Rajesh Khana sebagai saksi dalam perkara ini. Kedua saksi tersebut didalami keterangannya terkait penerimaan uang Ricky Pagawak lewat rekening banni milik orang lain.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan penerimaan uang oleh Tersangka RHP dengan menggunakan identitas dan rekening bank milik orang lain," ungkap Ali.


Reporter: Satrio
Editor: Ady


  • TAGS:

Komentar

Berita Lainnya