Resmikan KPK Corner di IPB, Firli Sebut Banyak Kasus Korupsi di Perguruan Tinggi

Sabtu, 17 Desember 2022 12:25 WITA

Card image

Ketua KPK Firli Bahuri meresmikan KPK Corner di Perpustakaan IPB, Sabtu, (17/12/2022). (Foto: dok.kpk)

Males Baca?


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Peresmian KPK Corner di Perpustakaan IPB.

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong dunia kampus menerapkan praktik-praktik antikorupsi.

"Praktik tindak pidana korupsi sudah terjadi dibanyak area termasuk di perguruan tinggi, yang menjadi tempat lahirnya orang-orang cerdas penerus bangsa Indonesia," ucapnya, Sabtu (17/12/2022).

Menurutnya, korupsi bisa terjadi di mana saja. Tidak hanya di Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, tapi juga di dunia pendidikan. Dari suap pengadaan barang dan jasa, sampai penerimaan mahasiswa baru. 

"Melihat fakta itu kita mencoba turut andil sebarluaskan literasi antikorupsi untuk tingkatkan integritas perguruan tinggi,” terang Firli.

Peresmian KPK Corner ini lanjutnya, sebagai andil pemberantasan korupsi melalui pembangunan pemahaman (literasi) apa itu korupsi, sehingga semua bisa dan mampu menjauhi perbuatan korupsi. 

"Upaya itu dilakukan karena praktik penindakan saja tidak cukup untuk memberantas korupsi," tegasnya.

Firli merinci, sejak KPK didirikan pada 2004 hingga 30 November 2022, sudah 1.479 orang ditangkap karena korupsi. Namun faktanya praktik korupsi masih saja terjadi. 

“Melihat itu kita sadar, sulit berantas korupsi hanya dengan penindakan saja. Kita libatkan juga seluruh pemangku kepentingan, termasuk perguruan tinggi untuk memasukan pendidikan antikorupsi dalam perkuliahan,” ungkapnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya