Suara Pemilih Kurang, Tokoh Masyarakat Moskona Datangi KPU Teluk Bintuni

Rabu, 10 Mei 2023 16:52 WITA

Card image

Cornelis Aisnak menggunakan celana pendek kain levis foto bersama anggota PPD wilayah Moskona, Rabu (10/5/2023). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?

 

BINTUNI - Tokoh masyarakat Moskona dan anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni. Ini karena Dikarenakan terjadinya penurunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di wilayah Moskona.

Salah satu Tokoh Masyarakat Moskona Cornelis Aisnak menjelaskan, pihak KPU  mengatakan bahwa terjadi pengurangan jumlah pemilih drastis di wilayah Moskona.

"Datanya berubah dari DPS yang sudah ditetapkan oleh pihak KPU Teluk Bintuni," ucapnya, Rabu (10/5/2023).

Ia mencontohkan seperti Distrik Moskona Barat yang di DPS seribu sekian, tiba-tiba turun menjadi empat ratus sekian. 

Sama halnya dengan Moskona Utara, yang sebelumnya seribu tiga puluh lima, tiba-tiba turun menjadi lima ratus. Demikian juga di Moskona Timur.

"Bagi masyarakat PPD di Moskona, apa yang diperjuangkan selama ini menjadi sia-sia. Mereka bicara tapi dari KPU tidak mendengar," tuturnya.

Untuk mendapatkan kepastian tersebut, pihaknya meminta agar dari partai politik dihadirkan supaya masyarakat menyaksikan dan menyampaikan apa yang sesungguhnya terjadi.

"Capil kan butuh perekaman, kami di Moskona belum ada perekaman sama sekali sehingga 75 persen masyarakat masih menggunakan KTP manual, yang akhirnya tidak terdaftar disini. Itu yang menjadi permasalahan," ungkapnya.

Menurut Aisnak, ketika itu ditetapkan disini (KPU), hak memilih mereka nanti seperti apa. Sehingga masyarakat harus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan bicarakan sama-sama. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya