Tim Voli Putra Garuda Kembali Digdaya, Tuan Rumah Kamboja Dipermak dan Rebut Emas Ke-12 SEA Games 2023

Selasa, 09 Mei 2023 06:41 WITA

Card image

Farhan Halim (tengah) bawa Timnas Voli Putra Indonesia merebut medali emas SEA Games Kamboja 2023. (Foto instagram ieufarhan)

Males Baca?

 


KAMBOJA - Tim voli putra Indonesia benar-benar tampil trengginas di partai final SEA Games Kamboja 2023 yang berlangsung, Senin (8/5/2023) malam.

Melawan tuan rumah Kamboja yang didukung ribuan suporternya yang memadati Stadion Olimpic Indoor, Farhan Halim dan kawan-kawan sukses memenangi 3 set langsung, 25-21, 25-14, 25-15.

Farhan Halim sendiri menjadi bintang dan aktor utama difinal kali ini. Apalagi kalau bukan soal keistimewaannya dalam hal servis. 

Aksi servis pemain Indonesia Farhan Halim menyedot perhatian khusus dalam laga final ini.

Melalui servis kerasnya yang menukik tajam, pevoli 22 tahun ini beberapa kali  menghasilkan poin terutama di babak kedua. 

Dengan kembali meraih emas di SEA Games Kamboja 2023, maka sejauh ini Indonesia adalah raja Asia Tenggara di voli SEA Games dengan raihan 12 medali emas. Belum ada yang melebihi pencapaian Indonesia saat ini, hanya Thailand yang berada paling dekat dengan delapan kali emas.

Selalu tampil dalam 21 dari total 22 semifinal SEA Games, serta pernah juara empat kali berturut-turut medio 1987 hingga 1993 mempertegas dominasi Indonesia di cabor ini. Tak heran voli menjadi salah satu harapan medali emas di setiap pesta olahraga dikawasan Asia Tenggara.

Sementara Kamboja memang sama sekali belum pernah meraih medali emas di cabor voli. Kendati demikian, mereka tampil mengejutkan di SEA Games 2021 Vietnam hingga sukses menyabet perunggu sekaligus jadi medali pertama mereka dari voli.

Sebelum kembali tampil di final, Rivan Nurmulki cs memastikan tiket ke final SEA Games 2023 usai mengalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0 pada Minggu (7/5/2023).

Sementara di hari yang sama, Kamboja berhasil mencatat comeback luar biasa atas Thailand setelah tertinggal 2-0 lebih dulu.


Reporter: Yan
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya