TNI Konga XXIII-R UNIFIL Kenalkan Blangkon dan Wayang Kulit di Lebanon

Jumat, 22 Maret 2024 11:35 WITA

Card image

Saat pemberian cendera mata dari Pasukan Indonesia kepada Staf G9 Cimic Sector East.

Males Baca?

LEBANON - Satuan Tugas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL yang sedang bertugas di Lebanon, mengenalkan budaya Indonesia dengan memperagakan blangkon dan wayang kulit dalam Cimic Meeting di Sector East UNIFIL UNP 7-2 pada Rabu (20/3/2024).

Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar, Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-23 UNIFIL, mengatakan bahwa sebagai duta bangsa, penting untuk mengenalkan budaya Indonesia di dunia internasional.

"Kita di sini bertugas bersama tentara dari berbagai negara di bawah naungan PBB. Ini adalah momen yang baik untuk bisa mengenalkan budaya kita kepada mereka," tutur Dansatgas.

Kegiatan Cimic Meeting di Sector East diikuti oleh Staf Cimic Indobatt, dipimpin Kasi Cimic Mayor Chk Eka Yudha, dan Staf G9 Cimic Sector East dari berbagai negara, seperti Spanyol, Nepal, India, dan Serbia, di bawah pimpinan Capt Mario Serrano Gallego dari Spanyol.

"Kita mengenalkan budaya Indonesia wayang kulit dengan blangkon yang kita bawa dari Indonesia kepada semua personel yang ikut dalam rapat tersebut. Dewi Shinta, salah satu tokoh dalam pewayangan, sempat berlaga dimainkan oleh Lettu Chk Danang, yang juga mengikuti rapat tersebut," terang Kasi Cimic.

Major Akhlish, salah satu Staf G9 di Sector East dari India, mengatakan, "Ya, saya tahu tokoh Dewi Shinta. Di negara saya ada dalam cerita Ramayana."

Kegiatan rapat yang dihadiri Liaison Officer (LO) Kapten Arm Lulu Yulandara, berlangsung penuh keakraban dan persahabatan, dengan pengenalan budaya Indonesia yang menambah suasana rapat semakin menarik.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya