TPNPB OPM Akui Digempur Pasukan TNI-Polri dan Senjatanya Dikuasai

Sabtu, 30 September 2023 15:11 WITA

Card image

Dua pucuk senjata milik KKB yang berhasil dikuasai aparat TNI Polri. (Foto: Dok.Humas)

Males Baca?

TIMIKA - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) oleh aparat disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengakui telah mendapat gempuran dari pasukan keamanan Indonesia. 

Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom membenarkan adanya senjata milik TPNPB Kodap 35 Bintang Timur yang berhasil dikuasai aparat TNI/Polri.

"Senjata (dikuasai aparat keamanan) itu benar milik TPNPB Kodap 35, tapi kami belum terima laporan," katanya. 

Sebby menerima laporan pada Sabtu (30/9/2023) menyebutkan sejumlah pasukan TPNPB memang telah diterjunkan untuk menghadapi serangan aparat keamanan TNI/Polri.

"Sebagian pasukan kami memang terjunkan ke medan tempur. Memang ada serangan, tapi kami belum pastikan bahwa ada pasukan yang tertembak. Tunggu info lanjut dari lapangan," sebut laporan kepada Sebby. 

Diberitakan sebelumnya, pasukan gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil melumpuhkan 4 KKB yang kerap berulah di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. 

Penegakan hukum yang dipimpin Kombes Dr Faizal Ramadhani itu berlangsung di Kampung Mondusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. 

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan 4 KKB di daerah Pegunungan Bintang. Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita,” kata Kombes Faizal. 

Ada pun TPNPB Kodap 35 Bintang Timur merupakan salah satu kelompok sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) di bawah pimpinan Ananias Ati Mimin. 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyebut KKB pimpinan Ananias Ati Mimin ini merupakan kelompok baru yang berbasis di distrik Kiwirok dan belakangan beraksi di wilayah Oksibil. 

 

Reporter: Sevianto


Komentar

Berita Lainnya