Tuntas 100%, Bendungan Lolak Siap Diresmikan Pesiden Jokowi

Senin, 27 November 2023 18:59 WITA

Card image

Bendungan Lolak, di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. (Foto; Kemen PUPR)

Males Baca?

MANADO - Bendungan Lolak, yang terletak di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, telah mencapai progres penyelesaian 100%. Bendungan ini menjadi salah satu proyek strategis nasional di bidang Sumber Daya Air. 

Pembangunan yang dimulai pada tahun 2015, menjadi bagian integral dari upaya pemerintah untuk memajukan sektor infrastruktur di wilayah tersebut.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan Sumber Daya Air, Bendungan Lolak bersama dengan proyek sejenis, Bendungan Kuwil Kawangkoan, masuk dalam program Proyek Strategis Nasinoal (PSN). Bendungan Kuwil Kawangkoan sendiri telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Januari 2023, menandai komitmen serius pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur di Sulawesi Utara.

Bendungan Lolak pun diharapkan memberikan manfaat multifungsi bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. "Bendungan Lolak merupakan bendungan multifungsi yang berguna untuk penyediaan layanan air irigasi seluas 2.214 hektare, penyediaan air baku 500 liter/detik untuk Kecamatan Lolak dan sekitarnya, pengendali banjir, pembangkit listrik sebesar 2,43 MW, dan menjadi destinasi pariwisata baru di daerah Bolaang Mongondow," kata I Komang Sudana, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Manado.

Bendungan Lolak juga diharapkan dapat mengurangi risiko banjir hingga 29,42% pada kala ulang 50 tahun, menjadikannya sebagai solusi efektif untuk mengatasi masalah banjir yang sering menghantui daerah tersebut. Selain itu, dengan kapasitas tampungan air sebesar 16,23 juta m3, bendungan ini menjadi salah satu aset berharga dalam menghadapi tantangan kekeringan dan penyediaan air bagi sektor pertanian.

Pencapaian penting dalam pembangunan Bendungan Lolak adalah saat pengisian awal waduk (impounding) pada 18 Agustus 2023. Dengan tinggi muka air pada elevasi +85,00, proyek ini telah mencapai tahap krusial dalam persiapannya menuju pengoperasian penuh. 

Pada 27 November 2023, Bendungan Lolak mencapai pencapaian signifikan dengan tinggi muka air pada elevasi +101,045 dan volume total tampungan sebesar 5.500.000 m3, menghasilkan keterisian bendungan sebesar 38%. 

Dengan progres penyelesaian 100%, bendungan ini dijadwalkan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Desember 2023. Bendungan ini akan menjadi infrastruktur Sumber Daya Air yang berdampak positif bagi masyarakat, terutama di Kabupaten Bolaang Mongondow dan secara luas, Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan memenuhi berbagai fungsi, dari penyediaan air hingga pengendalian banjir, bendungan ini diharapkan menjadi penopang utama pembangunan berkelanjutan di Sulawesi Utara.

"Bendungan Lolak menjadi infrastruktur Sumber Daya Air dan Proyek Strategis Nasional yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow bahkan Provinsi Sulawesi Utara pada umumnya," tuntas I Komang Sudana.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya