Presiden Jokowi Resmikan Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni

Jumat, 24 November 2023 09:14 WITA

Card image

Presiden Joko Widodo, saat meresmikan proyek strategis nasional tangguh train 3 Teluk Bintuni , Jum'at pagi (24/11/2023) di Site LNG Tangguh.

Males Baca?

BINTUNI - Presiden Joko Widodo meresmikan proyek strategis nasional Tangguh Train 3 Teluk Bintuni, Jumat pagi (24/11/2023) di Site LNG Tangguh. 

Prosesi ditandai dengan penekanan tombol sirine serta penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian proyek strategis nasional Tangguh Train 3 Teluk Bintuni, Papua Barat. 

Peresmian ini dihadiri pula oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala SKK Migas, BP Executive Vice President and Variabel, BP Regional President Asia Pacific, Pj Gubernur Papua Barat, Bupati Teluk Bintuni, seluruh direksi dan manajemen keluarga besar BP di Tangguh dan undangan lainnya. 

Pada kesempatan itu Presiden RI mengucapkan puji dan syukur atas kehadiran proyek penghasil gas bumi terbesar di Indonesia tersebut  

Selain itu Presiden Ri akan ground breaking proyek ubadari, CCUS dan proyek hilirisasi clo amunia dan proyek lapangan migas Asap IDO Merah.

"Proyek Tangguh Train 3 ini dibangun dengan investasi 4, 83 milliar US Dollar atau Rp 72,45 triliun dan proyek ini akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahunnya," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan jika proyek ini memiliki kontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada tahun 2030. 

"Saya ingin mengucapkan terimakasih atas investasi yang baru ini dan yang saya senang proyek ini menyerap banyak tenaga kerja, saat ini 70 persen tenaga operasional tangguh adalah pekerja dari Papua Barat dan Papua," lanjut Presiden Jokowi.

Presiden pun menyatakan kebahagiaan terkait target yang baru di 2029 mencapai 85 persen. "Ini sangat bagus dan 105 teknisi operasi dan pemeliharaan kilang LNG adalah putra-putri Papua Barat dan Indonesia yang telah direkrut sejak SMA yang menjalani pendidikan dari BP di Berau," ungkap presiden dua periode ini. 

Setelah menyampaikan sambutannya Presiden Jokowi pun meresmikan proyek strategis nasional Tangguh Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. 

Sebagai tambahan Presiden RI tiba untuk meresmikan Tangguh Train 3 di Site LNG Tangguh dengan menumpang helikopter, penerbangan dari Fakfak ke lokasi peresmian.

Reporter: Haiser


Komentar

Berita Lainnya